Pengamat: Ada Sinyal Nasdem PDKT Dengan Anies Untuk 2024

  • Whatsapp
anies paloh
Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan dengan Ketum DPP Partai NasDem Surya Paloh.

Inisiatifnews – Pengamat politik, Wempy Hadir menilai bahwa pertemuan antara Anies Baswedan dengan Surya Paloh di kantor DPP Partai NasDem kemarin, Rabu (24/7) merupakan sinyal penjajakan politik antara personal Anies dengan partai yang dipimpin oleh Surya Paloh itu.

Wempy memandang penjajakan politik ini ada kaitannya dengan politik elektoral di 2024 mendatang.

Bacaan Lainnya

“Kunjungan Anies ke Nasdem merupakan sebuah sinyal awal bahwa komunikasi politik untuk kepentingan pilpres 2024 sedang dimulai,” kata Wempy kepada wartawan, Kamis (25/7/2019).

Apalagi Direktur eksekutif Indopolling Network ini juga melihat peluang besar kedua partai politik itu sangat mungkin dipersepsikan ke arah sana. Terlebih lagi posisi Anies Baswedan yang merupakan Gubernur DKI Jakarta jelas sangat mudah baginya untuk melakukan personal branding.

“Kita ketahui Anies merupakan Gubernur DKI Jakarta. Sebagai Gubernur ibukota, dia mempunyai kemudahan dalam melakukan personal branding sebab Jakarta merupakan ibukota dan pusat home based dari media main stream,” ujarnya.

“Dengan demikian sangatlah bagi dia untuk lebih banyak tampil ke publik. Keuntungannya adalah dia lebih banyak dikenal oleh masyarakat di seluruh Indonesia jika dibandingkan dengan gubernur di provinsi lain,” imbuhnya.

Maka dari itu, Wempy mengindikasi bahwa pertemuan keduanya jelas tidak lepas dari kepentingan untuk bargaining politik elektoral di 2024 mendatang. Dan Wempy yakin Surya Paloh sangat mempertimbangkan itu karena menurut perhitungan politik Wempy, posisi tawar Anies saat ini sangat besar karena satu tiket setidaknya sudah dipegang mantan Mendikbud Jokowi itu, yakni sebagai Gubernur Ibukota Indonesia.

“Jadi pertemuan ibarat pra-kondisi menuju pilpres 2024. Dan satu hal yang tidak boleh lupa bahwa menjadi Gubernur DKI Jakarta adalah selangkah lagi menuju kursi RI 1,” tuturnya.

Kuncinya bagi Anies saat ini menurut Wempy adalah menunjukkan kualitas kerja yang bagus dalam memimpin Jakarta. Baginya, itu adalah nilai tawar yang paling relevan bagi Anies untuk menggaet simpati rakyat Indonesia.

“Kalau kinerjanya bagus tentu akan sangat mudah untuk dikapitalisasi. Tapi kalau minim prestasi akan sangat berat untuk melawan calon yang mempunyai prestasi mumpuni,” tutupnya.

[NOE]

Pos terkait