Mahfud MD Ingatkan Bahaya Rasisme

  • Whatsapp
Mahfud MD
Foto : Inisiatifnews

Inisiatifnews – Ketua Gerakan Suluh Kebangsaan, Prof Mahfud MD meminta agar narasi rasial dijauhkan dari pikiran seluruh bangsa Indonesia. Karena rasisme merupakan sesuatu yang berbahaya khususnya bagi persatuan dan kesatuan Republik Indonesia.

“Sikap rasis itu sangat berbahaya dan di dunia internasional itu sudah ditekankan,” kata Mahfud di Sahid Hotel Jaya, Jakarta Pusat, Jumat (23/8/2019).

Bacaan Lainnya

Ia pun menceritakan bahwa kondisi di Jerman sendiri, negara melarang adanya pemasangan wajah Adolf Hitler. Disampaikan Mahfud, bahwa sosok Hitler di Jerman adalah aib.

“Di Jerman tidak boleh ada gambar Hitler karena dianggap itu aib bagi Jerman,” ujarnya.

Bahkan persoalan rasisme itu juga diberlakukan tegas di industri olahraga sepak bola. Ketika ada pemain bola yang rasis di dalam lapangan, maka ganjaran yang diberikan oleh wasit adalah kartu merah.

“Di sepak bola kalau bilang rasis itu dikasih kartu merah, kalau penontonnya rasis dari klub tertentu maka klubnya yang disanksi,” jelasnya.

Bagi Mahfud, perbedaan ras, suku, agama dan antar golongan adalah menjadi anugerah tersendiri bagi Indonesia sebagai bangsa dan negara. Sebaiknya perbedaan itu cukup disyukuri dan dinikmati saja tanpa dihadirkan untuk menimbulkan perpecahan.

Menyinggung kasus rasial terhadap warga Papua di Surabaya beberapa waktu yang lalu pun, Mahfud meminta agar penegakan hukum secara tegas dapat dilakukan.

“Mari kita tenangkan situasi dan tegakkan hukum,” tegas Mahfud. []

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait