Bamsoet Harap Presiden Jokowi Diberikan Kebebasan Pilih Menterinya Sendiri

  • Whatsapp
Bambang Soesatyo
Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo.

Inisiatifnews – Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo mendukung Presiden Joko Widodo untuk berdaulat memilih para menteri di kabinetnya mendatang, tanpa perlu takut adanya ancaman maupun tekanan dari pihak manapun. 

Di mana hal tersebut, pria yang karib disapa Bamsoet mengatakan bahwa sudah ditegaskan dalam Pasal 17 UUD 1945, presiden diberikan hak prerogatif untuk mengangkat dan memberhentikan menteri.

Bacaan Lainnya

“Karena para menteri bertanggungjawab langsung kepada presiden, maka sudah sepatutnya presiden memilih orang-orang terbaik,” ujar Bamsoet dalam keterangan tertulis yang diterima wartawan, Jumat (23/8/2019).

“Sehingga bisa membentuk kabinet zaken, yakni kabinet yang diisi orang-orang yang memiliki kapasitas dan kapabilitas dalam menangani tugas pokok dan fungsi kementerian atau lembaga yang dipimpinnya,” sambungnya.

Politisi Partai Golkar ini juga menjelaskan dalam menyusun kabinet zaken tidak perlu ada dikotomi antara kader partai politik maupun non kader partai politik. Karena di partai politik juga banyak berkumpul orang-orang profesional yang menguasai berbagai bidang keahlian. 

“Seringkali kita terjebak dalam paradigma bahwa kabinet yang handal ditandai dengan sedikitnya menteri yang terafiliasi partai politik. Pola berfikir ini harus diluruskan, karena menafikan partai politik sama saja menafikan demokrasi,” paparnya. 

“Salah satu prasyarat utama demokrasi adalah adanya partai politik yang menjalankan fungsi rekrutmen dan kaderisasi untuk mengisi pos kepemimpinan nasional sampai daerah,” pungkasnya. 

Selain itu, lebih lanjut Bamsoet juga berharap agar masyarakat turut mendorong partai politik menyiapkan kader terbaiknya untuk membantu Jokowi dikepemimpinannya lima tahun ke depan. []

Pos terkait