Presiden Jokowi Bersyukur Situasi Papua Kondusif

  • Whatsapp
presiden joko widodo di istana
Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka. [foto : dokumen resmi Humas Istana Merdeka]

Inisiatifnews – Presiden Joko Widodo merasa bersyukur akhirnya kondisi di Papua sudah mulai kondusif.

Alhamdulillah situasi di Tanah Papua sudah kembali normal, tingkat pengamanan sudah diturunkan,” kata Presiden di akun twitternya @jokowi, Jumat (23/8/2019).

Bacaan Lainnya

Untuk menindaklanjuti kasus kerusuhan Papua itu, Presiden Jokowi juga menyampaikan sudah memberikan perintah kepada Kapolri Jenderal Polisi Muhammad Tito Karnavian untuk menindak para perusuh secara hukum, termasuk yang melakukan tindakan pelanggaran berbasis SARA.

“Saya telah memerintahkan kepada Kapolri untuk menindak tegas secara hukum tindakan diskriminasi ras dan etnis,” ujarnya.

Selain itu, Presiden Jokowi juga mengatakan akan segera terbang ke Papua untuk bertemu dengan para tokoh masyarakat Indonesia Timur itu dalam waktu dekat.

“Minggu depan, saya akan bertemu para tokoh dari Papua dan Papua Barat,” kata Jokowi.

Sebelumnya, Kapolri bersama dengan Panglima TNI dan Menko Polhukam usai menyambangi Papua untuk menyikapi konflik di sana. Sementara Menko Polhukam Wiranto mengatakan jika kegaduhan tersebut terjadi karena ada beberapa pihak yang tidak bisa menahan diri saja.

“Kita yakin insiden ini dipicu bukan karena kita tak menghormati saudara warga Papua, atau karena kita melecehkan. Pelecehan dan penghinaan disusul aksi demonstrasi yang sampai membakar, itu semua tak ada kesengajaan tapi ada oknum yang tak bisa menahan diri sampai terjadi begitu,” kata Wiranto, Kamis (22/8).

Namun begitu, Wiranto bersyukur akhirnya konflik di Papua bisa cepat reda.

“Saya gembira kejadian penyulut emosi berlangsung cepat dan segera berakhir, karena kesadaran kita semua, bahwa itu tak perlu dilanjutkan,” imbuhnya. []

Pos terkait