Selesaikan Konflik Papua, Polri TNI Disarankan Kedepankan Dialog

  • Whatsapp
Forum Sekjen Cipayung Plus dan aktivis Papua. [foto : Inisiatifnews]

Inisiatifnews – Perwakilan dari Posko Menang Pancasila, Alif Kamal memberikan saran kepada aparat keamanan baik TNI maupun Polri untuk mengedepankan pendekatan persuasif melalui dialog untuk mengatasi masalah konflik Papua.

“Tidak menutup kemungkinan aparat Polri dan TNI lakukan upaya dialog untuk menyelesaikan persoalan (Papua),” kata Alif saat konferensi pers di bilangan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (28/8/2019).

Bacaan Lainnya

Bagi Alif, persoalan yang harus dilihat oleh aparat keamanan dan pemerintah terhadap konflik Papua adalah jangan hanya melihat apakah NKRI atau tidak NKRI. Tapi bagaimana memberikan kepastian dan perlindungan hukum terhadap mereka.

“Persoalan sekarang jangan hanya melihat apakah NKRI atau tidak NKRI, tapi bagaimana penegakan hukum bisa dijalankan oleh pemerintah,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Alif yang tengah melakukan konferensi pers bersama Forum Sekjen Cipayung Plus itu mengharapkan agar pemerintah di semua lapisan memberikan jaminan rasa aman terhadap masyarakat Papua termasuk Mahasiswa Papua yang berdomisili di daerah mereka masing-masing.

“Mendesak Presiden menginstruksikan kepada seluruh kepala daerah dan aparat keamanan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan Mahasiswa Papua di seluruh Indonesia,” tuntut Alif.

Dan untuk menjaga kondusifitas nasional, Alif bersama dengan Forum Sekjen Cipayung Plus itu juga meminta agar semua pihak menahan diri dan menjaga persatuan dan kesatuan sesama anak bangsa.

“Mendorong semua elemen bangsa untuk tetap menguatkan semangat persatuan nasional sesama anak bangsa,” tutupnya. []

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait