Panglima Sebut Dua Oknum TNI Masih Diperiksa Soal Rasis Papua

  • Whatsapp
Kapolri dan Panglima TNI

Inisiatifnews – Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menegaskan bahwa TNI tidak memberikan ruang atau tempat kepada perilaku rasis.

“Yang jelas TNI tidak berikan ruang kepada perilaku rasis,” tegas Panglima usai menggelar rapat tertutup bersama Kapolri Jenderal Polisi M Tito Karnavian di Mapolda Papua, Kota Jayapura, Papua, Selasa (27/8/2019).

Bacaan Lainnya

Terkait ujaran kebencian atau rasis di Surabaya, Jawa Timur, Panglima mengatakan, TNI telah menahan dan memeriksa dua orang prajuritnya.

“Dari TNI ada dua orang, saat ini masih diperiksa. Yang pertama itu, Danramil yang tidak mengindahkan perintah dan kedua Babinsa, jadi ada dua orang ini lagi pendalaman,” katanya.

Dalam peristiwa tersebut, Panglima mengungkapkan, selain oknum prajurit TNI ada juga perorangan dari ormas setempat yang diduga mengumbar kalimat rasis.

“Dan dalam satu tempat ada juga ormas tapi perorangan yah, ada banyak sekali warga di situ, ini kita dalami. Siapa yang teriak rasis, ini terus kita kejar,” tandasnya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Polisi M Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menggelar pertemuan tertutup di Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Papua di Kota Jayapura, Selasa petang.

Rapat tersebut berlangsung kurang lebih sejam yang membahas soal insiden yang belakangan ini terjadi di Papua dan Papua Barat. []

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Pos terkait