MPR RI Sayangkan Aparat Penegak Hukum Tak Tegas Sikapi Bendera OPM Berkibar di Depan Istana

  • Whatsapp
jokowi zulhas
Presiden Joko Widodo dan Zulkifli Hasan.

Inisiatifnews – Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menyayangkan sikap aparat penegak hukum yang terkesan tidak tegas dengan adanya mengibarkan bendera bintang kejora milik Organisasi Papua Merdeka (OPM). Terlebih lagi, aksi pengibaran bendera tersebut dilakukan persis di muka Istana Merdeka Jakarta.

“Ini sejak 15 tahun terakhir, baru kali ini bendera bintang kejora berkibar. Tapi tidak ada tindakan serius dari aparat kemanan khususnya TNI-Polri,” kata Zulkifli Hasan di Senayan, Jakarta, Kamis (29/8/2019).

Bacaan Lainnya

Zulkifli mengatakan, masalah di Papua sudah melebar ke luar negeri. Untuk itu ia meminta pemerintah fokus pada satu masalah di Papua, dan menunda pembahasan urusan yang lain termasuk pemindahan ibukota negara ke Kalimantan Timur itu.

“Jadi sekali lagi, pemerintah harus fokus ke salah satu masalah, seperti Papua ini. Yang dianggap belum perlu, tunda dulu misalnya soal ibukota ya,” pungkasnya.

Sebelumnya, aksi unjuk rasa terjadi di beberapa wilayah di Papua.
Aksi tersebut dilakukan sebagai bentuk protes atas tindakan diskriminasi dan rasis yang diterima mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya, Jawa Timur.

Aksi protes tak hanya di Papua, sejumlah massa dari Aliansi Mahasiswa Anti Rasisme, Kapitalisme, Kolonialisme dan Militerisme, menggelar aksi unjuk rasa di depan Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (28/8).

Aksi didahului dengan longmarch dari Gedung Kemendagri. Sesampainya di Istana Negara, mereka langsung membuat lingkaran yang dibatasi oleh tali rafia.
Setelah itu, musik pun didendangkan dan mereka menari tarian wisisi atau tarian adat khas Papua.

Setelah itu, musik pun didendangkan dan mereka menari tarian wisisi atau tarian adat khas Papua. Mereka tampak menari sambil mengibarkan bendera bintang kejora.

Dikibarkan, bendera bintang kejora dikibarkan mahasiswa Papua yang menggelar aksi demonstrasi di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Kegiatan itu dilakukan selama 2 hari berturut-turut.

IMG 20190830 110716
Bendera OPM dikibarkan warga Papua di depan Istana Merdeka.

Sebagian besar massa nampak buka baju dan menari-nari sambil mengibarkan bendera bintang kejora.

Selain itu, tampak massa yang sebagian besar lelaki itu melukis wajah mereka dengan gambar bendera bintang kejora. Mereka terlihat bersemangat mendengar orasi sambil beryanyi-nyanyi.

Koordinator Aksi Ambrosius mengatakan, dalam aksinya, massa mengutuk keras kericuhan yang terjadi pada mahasiswa Papua di Surabaya beberapa waktu lalu. []

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Pos terkait