Ada Manuver Benny Wenda, Ini Saran Pengamat Intelijen ke Pemerintah

  • Whatsapp
Stanislaus Riyanta
Stanislaus Riyanta bersama ; Staf Ahli Sekjen Kementerian Kominfo Hendrasmo, Kepala Biro Multimedia Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Budi Setiawan dan Direktur Eksekutif Indonesian Public Institute (IPI) Karyono Wibowo. [foto : Inisiatifnews]

Inisiatifnews – Pengamat Intelijen dan Keamanan, Stanislaus Riyanta menilai bahwa tokoh gerakan Papua Merdeka, Benny Wenda merupakan seorang aktivis yang mendapatkan perlindungan dari pihak asing. 

Kondisi ini dikatakan Stanislaus menjadi alasan mengapa Benny bisa bebas mengeluarkan konten provokatif yang membuat gejolak masyarakat Papua semakin memanas dan berpikir untuk merdeka dari Indonesia.

Bacaan Lainnya

“Dia dilindungi di negara asing. Yang melindungi apakah state actor atau tidak. Pasti ada alasan kenapa Benny dilindungi. Dia nyaman di Inggris dan bisa berbuat apa saja,” kata Stanislaus kepada wartawan di Jakarta, Selasa (3/9/2019).

Peserta studi program doktoral Universitas Indonesia (UI) ini menambahkan, Benny Wenda seperti tokoh yang sengaja diciptakan oleh asing untuk menciptakan propaganda.

“Banyak tokoh lain banyak, tapi yang menonjol itu Benny Wenda. Dia terus melakukan provokasi, sehingga dia tak bisa dikendalikan,” ujarnya.

Kehadiran Benny Wenda di Inggris diduga bukan tanpa alasan. Ia selalu berlindung di balik isu Hak Asasi Manusia (HAM) sehingga membuat negara lain merasa iba kepadanya.

“Negara asing yang melindungi tokoh papua, dia berlindung di balik isu HAM. Ada isu perantara agar motif asli (Papua Merdeka) tak terlihat,” jelas dia.

Ia menilai, bahwa untuk dapat menindak Benny Wenda bukan melalui pendekatan keamanan akan tetapi melalui pendekatan politik.

“Seperti lobi-lobi politik termasuk dialog hingga pendekatan humanis,” ungkap Stanislaus.

“Dan memberitahu ke negara lain bahwa Papua adalah bagian negara Indonesia,” tambah dia.

Stanislaus berpendapat, sudah seharusnya pemerintah Indonesia melakukan kontra propaganda untuk melawan provokasi Benny Wenda di media sosial.

“Misalnya menyebarkan mengkarifikasi soal tuduhan. Seperti indonesia melakukan pembangunan yang baik di Papua. Sehingga semua akan tersadar,” tandas Sanislaus.

Sebelumnya, Menko Polhukam Wiranto mengatakan aktivis pro-kemerdekaan Papua, Benny Wenda kerap melakukan konspirasi dan provokasi yang menyebabkan kerusuhan di Bumi Cendrawasih. 

Menurutnya, pemerintah akan melawan provokasi Benny Wenda dengan kebenaran dan fakta. Wiranto menegaskan provokasi yang dia lakukan ke luar negeri tidak benar dan sarat dengan informasi menyesatkan. []

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Pos terkait