Lieus Minta Pemerintah Tangkap Semua Biang Kerok Kerusuhan Papua

  • Whatsapp
IMG20190903130031
Foto : Istimewa

Inisiatifnews – Aktivis Tionghoa, Lieus Sungkarisma menegaskan bahwa Pemerintah sebaiknya menunjukkan ketegasannya dengan menangkap seluruh pihak yang menjadi penyebab kerusuhan di Papua dan Papua Barat terjadi.

“Yang minta pisahin Papua harus ditangkap siapapun orangnya, gitu dong. Katanya udah ada nama-namanya. Tangkep dong,” kata Lieus di Hotel Balairung, Matraman, Jakarta Pusat, Selasa (3/9/2019).

Bacaan Lainnya

Bagi Lieus, justru akan salah ketika pemerintah malah menangkap mereka para pengibar bendera Papua Merdeka dengan tampilan bintang kejora. Karena menurutnya, mereka hanya masyarakat Papua yang menjadi korban hasutan saja.

“Jangan salahin rakyatnya karena pasti ada yang salah ngipasnya, salahin yang mau pisahin Papua karena saya tahu orang Papua bagaimana,” ujarnya.

Menurut Lieus, sebagai masyarakat Papua pastinya tidak akan ingin pisah dari NKRI dan melakukan referendum. Hal ini lantaran sepanjang pengetahuannya, masyarakat Papua justru adalah orang-orang yang sangat Pancasilais dan sangat toleran.

“Teman-teman di Papua, orang-orang Papua paling santun dan paling toleransi. Saya pernah ke Merauke bawa gong integritas bangsa diarak di Merauke. Jadi kalau mau belajar Pancasila dan toleransi belajarlah sama orang Papua,” tutur Lieus.

Lebih lanjut, Lieus meminta agar semua pihak belajar dari kasus Timor Timur saat lepas dari Indonesia, agar jangan sampai sejarah buruk negeri ini terulang kembali.

“Yang terakhir Timor Timur itu lah sudah. Saya kira rakyat Indonesia cinta damai,” tegasnya.

Terakhir, ia mengingatkan agar Pancasila tidak hanya menjadi cuap-cuap semata, melainkan dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Dan jangan salah cerita Pancasila, karena Pancasila nggak cuma diomongin tapi dilaksanakan. Mau belajar Pancasila belajar sama orang-orang Papua,” tutupnya. []

Pos terkait