Presiden jalan-jalan bersama keluargnya di Solo Paragon Mal, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (07/09/2019). Presiden bersama Ibu Negara Iriana Jokowi datang bersama cucu pertamanya, Jan Ethes, putra dari Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda. (Foto: Twitter @jokowi)

Inisiatifnews – Di tengah kesibukannya sebagai pemimpin negara, Presiden Joko Widodo (Jokowi) kerap menyempatkan diri berkumpul dengan keluarga di akhir pekan. Terutama dengan cucunya, Jan Ethes Srinarendra.

Akhir pekan kali ini, Presiden mengajak jalan-jalan keluargnya di Solo Paragon Mal, Solo, Jawa Tengah. Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Jokowi datang bersama cucu pertamanya, Jan Ethes, putra dari Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda.

Datang di Solo Paragon Mal sekitar pukul 19.30 WIB malam, keluarga nomor satu di republik ini kompak mengenakan busana putih-putih. Presiden yang memakai kemeja putih lengan panjang menggendong Jan Ethes yang memakai kaos putih.

Melihat Presiden menggendong Ethes, pengunjung mal heboh. Beberapa berusaha menerobos penjagaan Paspampres. Mereka berdesakan meminta foto bersama Presiden dan cucunya.

Presiden dan keluarga dengan senang hati melayani permintaan swafoto sejumlah pengunjung. Setelahnya, Presiden yang masih menggendong Jan Ethes menuju ke arena permainan anak, Happy Time.

Ternyata, Presiden dan cucunya kerap ke mal dan ke wahana permainan anak ini saat pulang ke Solo. Sekitar 30 menitan, Jokowi dengan sabar menemani Ethes dari satu permainan ke permainan lainnya.

Keluar dari area Happy Time, Jokowi dan keluarga kembali dikerumuni pengunjung. Dari yang hanya sekadar bersalaman, hingga meminta foto bareng. Presiden dan keluarga antusias melayani salaman dan swafoto warga sebelum meninggalkan Solo Paragon Mal sekitar pukul 20.30 WIB.

Presiden Jokowi juga membagikan momen jalan-jalannya bersama keluarga di dua akun resmi media sosialnya, Twitter dan Instagram, @jokowi. Presiden membagikan sebuah foto. Dalam foto tersebut, di sebelah kanan Jokowi, duduk menantunya Selvi Ananda dan Ibu Negara Iriana. Selvi terlihat antusias memandangi Jan Ethes, begitu juga dengan Iriana. Jokowi, memegang Ethes yang sibuk bermain di sebuah wahana permainan.

Jokowi mengaku senang berakhir pekan bersama keluarga. Baginya, keluarga adalah tempat membangun kasih sayang dan tempat dimulainya kebaikan.

“Apa kabar, keluarga-keluarga Indonesia? Berakhir pekan di mana? Keluarga adalah forum terkecil yang membutuhkan peran kepala keluarga untuk membimbing. Dari keluarga, beranjak ke forum yang lebih besar, sampai ke forum besar negara,” tulis Jokowi, Sabtu (07/09/2019).

Keluarga yang dibangun dengan penuh kasih sayang dan bertoleransi dengan sesama, kata Jokowi, adalah bekal menuju pergaulan yang lebih luas.

“Apalagi, kian derasnya arus informasi yang masuk dengan membawa serta nilai-nilai negatif, ujaran kekerasan, ujaran kebencian, akan mudah mempengaruhi bila keluarga tak dibentengi dengan pengawasan dan pengendalian diri yang baik. Terima kasih. Selamat berakhir pekan,” pungkas mantan Gubernur DKI Jakarta ini. (INI)

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia