Syafii Maarif
Ahmad Syafii Maarif

Inisiatifnews – Mantan ketua umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Ahmad Syafii Maarif mengharapkan agar Presiden Joko Widodo menolak dan menghentikan rencana revisi Undang-undang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi alias RUU KPK.

Harapan Buya Syafii ini disampaikan jika memang benar materi RUU KPK tersebut justru malah bermuatan untuk pelemahan lembaga antirasuah itu.

“Kalau untuk melemahkan KPK, dihentikan dulu, ditolak dulu sampai saatnya nanti kalau memang nggak sesuai dengan keadaan. Itu yang pokok dan Presiden harus tegas,” kata Buya Syafii kepada wartawan di Yogyakarta, Jumat (6/9/2019).

Dalam kontens RUU KPK sendiri, tokoh bangsa tersebut tidak mempermasalahkan ketika pembahasan draft tersebut dilanjutkan. Hanya saja yang ditolak olehnya adalah ketika dalam draft Revisi UU KPK tersebut justru malah untuk melemahkan kerja-kerja KPK sendiri dalam upaya pemberantasan tindak pidana korupsi.

Kemudian dalam menyusun draft revisi UU KPK juga, Buya Syafii mengingatkan agar DPR RI tidak tipis kupingnya untuk mendengarkan pendapat masyarakat. Tidak ujug-ujung berdasarkan inisiatif DPR sendiri melakukan perubahan draft.

Apalagi sepanjang berdirinya KPK, sangat banyak sekali para pelaku pelanggaran tindak pidana korupsi yang tertangkap, para kepala daerah hingga anggota parlemen juga tak sedikit yang harus dijebloskan ke penjara karena penyimpangannya itu. []

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia