IPW Yakin Firli Bahuri Ketua KPK Selanjutnya

  • Whatsapp
Neta S Pane
Ketua Presidium Indonesian Police Watch, Neta S Pane.
PHP Dev Cloud Hosting

Inisiatifnews – Ketua Presidium Indonesian Police Watch (IPW), Neta S Pane memprediksi bahwa Irjen Pol Firli Bahuri adalah sosok perwira Polri yang bakal menjadi Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode selanjutnya.

Neta meyakini bahwa Firli memiliki kapabilitas yang baik untuk memimpin lembaga antirasuah itu. Terlebih lagi pengalamannya di KPK sebelumnya adalah pernah jadi Deputi Penindakan.

Bacaan Lainnya

“Pimpinan KPK yang sekarang cenderung tidak tegas dan takut kepada karyawan KPK. Firli punya sikap yang tegas hingga pengalamannya. Ini yang ditakutin,” kata Neta kepada wartawan di Jakarta, Selasa (10/9/2019).

Ia melanjutkan, sejak terjadinya rekrutmen terhadap Capim, sejumlah wadah pegawai KPK terlihat menolak calon dari kalangan Kapolisian. Menurut pandangan Neta, sikap Wadah Pegawai KPK (WP KPK) itu hanya ekspresi ketakutan mereka dengan ketegasan perwira Polri bintang satu itu.

“Dari ratusan capim KPK, yang ditolak itu Irjen Antam Novambar sama Irjen Firli. Sehingga mereka melakukan fitnah keji yang menuding dua orang ini. Kebetulan Antam gak lolos,” kata dia.

Neta melanjutkan, kehadiran Firli sangat menakutkan wadah pegawai KPK.

“Dia pernah menjadi Deputi Penindakan. Dia tau borok-borok KPK, tau siapa yang brengsek di KPK. Sehingga kalau dia jadi ketua, semua akan disapu bersih. Ini yang ditakutkan oknum-oknum KPK yang berada di barisan Novel Baswedan,” jelas Neta.

Komisi III selanjutnya akan menggelar rapat dengan elemen masyarakat sipil pada Selasa (10/9) dan melangsungkan uji kelayakan dan kepatutan pada 10 capim KPK mulai Rabu (11/9).

Firli adalah salah satu dari 10 orang yang terpilih sebagai calon pimpinan KPK periode 2019-2023.

Para capim KPK itu pada hari ini mengikuti uji makalah di Komisi III yang merupakan rangkaian dari proses fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan. []

Pos terkait