Ruki Harap Revisi UU KPK Tak Dilakukan Buru-buru

  • Whatsapp
Para eks ketua KPK berkumpul dan menggelar konferensi pers. [foto : Istimewa]

Inisiatifnews – Eks Ketua KPK periode pertama, Taufiqurrahman Ruki berharap besar agar DPR RI dan Pemerintah Pusat tidak buru-buru membahas dan mengesahkan Revisi UU Nomor 30 tahun 2002 tentang KPK.

“Melalui forum ini mudah-mudahan presiden dan para menteri yang terlibat dalam pemutusan revisi UU KPK serta anggota DPR yang terlibat dalam pansus, mendengar bahwa kami para senior berharap bahwa pembahasan itu jangan terburu-buru,” kata Ruki saat konferensi pers di gedung merah putih, KPK, Jakarta Selatan, Senin (16/9/2019).

Bacaan Lainnya

Ia juga menyampaikan bahwa para eks pimpinan KPK berharap dalam melakukan revisi UU KPK, dapat dilakukan dengan memperkaya pendapat dan masukan dari berbagai kalangan. Tujuannya agar apa yang direvisi dapat menjawab dan memenuhi kebutuhan untuk peningkatan kinerja lembaga antirasuah itu.

“Diperbanyak menyerap aspirasi, pendapat, karena sejak tahun 2017 dengan berbagai alasan dari berbagai pihak, belum pernah dilakukan kebijakan yang intens mengenai apa-apa saja yang akan diubah dan bagaimana mengubahnya,” ujarnya.

Apalagi dirinya pun juga tidak bisa serta merta menolak maupun menerima, lantaran ia secara pribadi belum pernah membaca draf revisi UU KPK itu.

“Terus terang saya sendiri pun itu belum tahu mana yang akan diubah dan seperti apa perubahannya,” terangnya.

Selain itu, Ruki menginatkan agar dalam melakukan perubahan undang-undang tidak dilakukan secara diam-diam dan tertutup. Apalagi revisi UU KPK tersebut kata Ruki juga terkesan tergesa-gesa.

“Saya pribadi berpendapat kok ini tertutup sekali dan tergesa-gesa. Jangan sampai kita menyesali akibat ketergesa-gesaan,” pungkasnya.

Terakhir, Ruki berharap besar apa yang menjadi keluh kesah dan usulannya itu dapat dipertimbangkan baik oleh DPR maupun pemerintah pusat termasuk Presiden Jokowi.

“Kami harap forum ini didengar oleh beliau-beliau untuk mempertimbangkan pembicaraan,” tutup Ruki. []

Pos terkait