Polisi
Anggota Sabhara Polri tengah melalukan penjagaan di depan gedung DPR/MPR RI. [foto : Inisiatifnews]

Inisiatifnews – Ombudsman RI mengecam perbuatan brutal Kepolisian saat menangani massa dalam gelombang demonstrasi di beberapa tempat. Sebagai Polri yang mengklaim diri modern, hal itu dianggap tak pantas.

Anggota Ombudsman, Ninik Rahayu mengatakan, gelombang unjuk rasa yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia pada minggu ini yang diikuti dengan penangkapan ratusan massa aksi membuat Ombudsman RI sebagai lembaga pengawas pelayanan publik meminta Polri tidak berbuat represif. 

Pasalnya, sebagai alat negara yang dilengkapi dengan kemampuan khusus, pasukan yang terlatih serta rantai komando harus mampu meniadakan kekerasan yang seharusnya bisa dihindari.

“Sehingga tidak memicu emosi publik bahkan akan menggelar aksi untuk beberapa hari ke depan di wilayahnya masing-masing,” kata Ninik dalam keterangannya, Jumat (27/9/2019).

Lebih jauh dari itu, tambah Ninik, upaya persuasif untuk mencegah meluasnya unjuk rasa hendaknya lebih dikedepankan.

“Fungsi Intelijen dan Keamanan Polri memiliki peran tersebut, karena dapat melakukan penggalangan dan pengamanan agar unjuk rasa berjalan tertib sehingga tidak perlu memerlukan tindakan dalam rangka penegakan hukum,” tambah Ninik. 

Dalam kesempatan yang sama, Ninik meyakini Polri dapat bersikap profesional dengan mengedepankan langkah persuasif dengan menggunakan informasi intelijen yang akurat agar tidak salah dalam mengambil tindakan yang tegas terukur.

“Kami minta Polri tidak menggunakan opsi tunggal penegakan hukum semata,” pungkas Ninik.

Demo yang dilakukan oleh aliansi mahasiswa dan masyarakat sipil pada Selasa (24/9) dan Rabu (25/9) berujung ricuh.

Diketahui, demo tersebut digelar karena menolak Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) dan pembatalan Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (UU KPK) yang baru disahkan.

Ratusan orang ditangkap dan lainnya mengalami luka parah akibat peristiwa ini karena mengalami tindakan represif dari aparat. []

space iklan
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia