Ingin Mengeluh Soal Fasilitas Publik DKI, Sampaikan Ke Kanal Ini

  • Whatsapp
20191008 120743
PHP Dev Cloud Hosting

Inisiatifnews – Warga Ibukota yang kepengin menyampaikan aspirasi, mengeluh soal fasilitas umum atau publik, dan menyampaikan kritik kepada Gubernur DKI Jakarta, kini punya kanal baru.

Aktivis dan pemerhati Kota Jakarta, Sugiyanto atau yang karib disapa SGY mendeklarasikan lembaga Maju Kotanya Bahagia Warganya (Mat Bagan). Lembaga ini bertujuan membantu warga Jakarta menyampaikan aspirasi kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan maupun kepada wakil mereke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta di Kebon Sirih.

Bacaan Lainnya

“Mat Bagan akan dukung upaya-upaya Pak Gubernur untuk membahagiakan dan menyejahterakan warganya. Tetapi tentunya, kami juga akan memantau dan menyampaikan kritik yang membangun agar manfaat pembangunan dirasakan warga,” ujar SGY saat deklarasi lembaga Maju Kotanya Bahagia Warganya di Bakoel Koffie, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (08/10/2019).

Turut hadir dalam acara deklarasi, Ketua Aliansi Masyarakat Jakarta (Amarta) Rico Sinaga, Direktur Eksekutif Jakarta Public Service M Syaiful Jihad serta aktivis Rizal Kobar.

SGY melanjutkan, bagi warga Jakarta yang ingin menyampaikan aspirasi, keluhan soal fasilitas publik, ataupun kritikan lainnya, dapat menyampaikannya melalui berbagai kanal milik lembaganya. Sepeti melalui email [email protected] Juga melalui akun media sosial Facebook Matbagan Majukotanya Bahagia Warganya, akun Twitter @MatbaganJ (MATBagan Jakarta) serta lewat akun Instagram @matbaganjakarta30062019.

“Selain itu, warga juga bisa memyampaikan keluh kesahnya melalui nomor HP atau WA di 081219283422 atau kirim surat langsung dengan alamat Jalan Enim, Nomor 5, RT 02, RW 02, Kelurahan Sungai Bambu, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara,” ungkap SGY.

Selain mengandalkan laporan warga lewat berbagai kanal tersebut, SGY dan jajarannya akan berperan aktif melakukan pencarian data dan investigasi berbagai persoalan dan masalah yang ada di Ibu Kota. Kerja-kerja ini dilakukan sesuai amanat Undang Undang Nomor 14 Tahun 2018 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Kita juga akan terus mengawal janji Gubernur Anies Baswedan saat Pilkada yang lalu agar segera ditunaikan dengan baik. Juga kerja-kerja anggota dewan di Kebon Sirih,” ujar SGY.

Dalam kesempatan yang sama, pengamat kebijakan publik dari Budgeting Metropolitan Watch, Amir Hamzah menuturkan, lembaga ini sesuai dengan keinginan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerapkan pola partisipatif kolaboratif dalam membangun Jakarta.

“Mat Bagan bisa menjadi fungsi kontrol. Agar 23 janji dan program pembagunan Anies Baswedan bisa terlaksana dengan baik dan tentu dengan tidak melanggar aturan,” tandasnya. (FMM)

Pos terkait