Jokowi dan Menterinya Saling Maafan

  • Whatsapp
Kabinet Indonesia Kerja periode pertama
Foto bersama jajaran Kabinet Indonesia Kerja periode pertama. [foto : twitter/jokowi]
PHP Dev Cloud Hosting

Inisiatifnews – Hari ini adalah hari terakhir dinas jajaran Kabinet Indonesia Kerja periode pertama. Maka dari itu, Presiden Joko Widodo dan Wapresnya Jusuf Kalla menggelar silaturrahmi dengan para jajaran kabinetnya itu.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi mengucapkan terima kasih kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla dan menteri kabinet kerja yang telah bekerja sama selama lima tahun.

Bacaan Lainnya

Tidak lupa dia juga meminta maaf jika ada salah kata dan selalu mengganggu para menteri di tengah malam. Beberapa menteri pun disebut oleh Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

“Saya juga mohon maaf saya ganggu tengah malam enggak sekali dua kali ke Pak Tito, Kepala BIN, menteri Bu Menkeu tengah malam pernah saya telepon. Bu Retno pernah tengah malam saya telepon. Pak Basuki juga sama,” kata Presiden Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Jumat (18/10/2019).

“Ya itulah gangguan-gangguan yang sering saya lakukan karena negara ini memerlukan. Kerja kita semuanya,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, dia juga meminta maaf kepada Panglima TNI Hadi Tjahjanto lantaran telah memerintah langsung Komandan Marinir, Suhartono, serta Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa untuk keperluan yang sangat mendesak. Hal tersebut sangat diperlukan kata dia.

Kemudian dia juga meminta maaf kepada Menteri BUMN, Rini Soemarno yang sering memanggil para dirjen secara diam-diam tanpa sepengatahuan menterinya itu. Lagi-lagi, langkah itu dilakukan Presiden karena ada persoalan yang dianggap mendesak.

“Mungkin saya panggil dirut tanpa harus beritahu menteri BUMN atau panggil dirjen tanpa lewat menteri. karena sangat mendesak, informasi yang dibutuhkan, tengah malam pagi subuh. karena kita diberi tanggungjawab kelola 260 juta jiwa di negara kita,” ungkap Jokowi.

Dan diakhiri, Jokowi mengucapkan terima kasih kepada menteri kabinet kerja yang telah berkontribusi selama lima tahun di periode 2014-2019.

“Karena saya penuh dengan kekhilafan dan kekurangan sehingga banyak hal dalam kita bergaul ada hal-hal yang kurang berkenan,” ungkap Jokowi.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan permintaan maaf kepada Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Ucapannya itu dilakukan untuk mewakili para menteri di kabinet kerja.

Sri Mulyani meminta maaf kepada Jokowi-JK jika dalam perjalanannya menjadi anak buah Presiden, ada para menteri yang nakal.

“Mohon maaf kalau para Menteri sudah nakal, ndabelg, datang terlambat, mohon maaf kalau kami belum bisa memuaskan,” kata Sri Mulyani.

Di sisi lain, Sri Mulyani merasa bersyukur bersyukur karena pada kepemimpinan Presiden Jokowi, para menteri diizinkan untuk tetap berkreasi.

Kemudian ia juga menyinggung soal grup musik Kabinet Indonesia Kerja yang terkenal dengan sebutan Elek Yo Band. Kata Sri Mulyani, grup band musik tersebut adalah tempat para menteri kabinet kerja menyalurkan bakat terpendam dan rasa frustasi.

“Di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi yang memungkinkan kita bisa mengekspresikan bakat terpendam dan sekaligus menyalurkan rasa frustrasi,” ujarnya. []

Pos terkait