Hari Ini Operasi Zebra Mulai Digelar, Lengkapi Dokumen Berkendara Anda

  • Whatsapp
operasi lalu lintas
Giat operasi lalu lintas.
PHP Dev Cloud Hosting

Inisiatifnews – Mulai hari ini, Rabu 23 Oktober hingga 5 November mendatang, Polda Metro Jaya bakal rutin menggelar razia lalu lintas bersandikan Operasi Zebra Jaya 2019. Giat operasi lalu lintas tersebut dilakukan untuk meningkatkan ketertiban masyarakat dalam berkendara.

“Pada prinsipnya, setiap pelanggaran lalu lintas terutama yang membahayakan keselamatan pengendara akan kita tindak,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusuf kepada wartawan, Rabu (23/10/2019).

Bacaan Lainnya

Ada 12 jenis pelanggaran yang menjadi sasaran polisi dalam operasi ini. Namun dari 12 jenis pelanggaran yang disebutkan, Kombes Pol Yusuf menyatakan akan lebih memprioritaskan pelanggaran pada kepemilikan Surat Izin Mengemudi (SIM), kelengkapan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan pengendara yang melawan arus.

“Untuk target operasi ada 12 jenis pelanggaran, namun ada 3 taget skala prioritas yakni pelanggaran tidak memiliki SIM, tidak dilengkapi STNK dan memawan arus,” kata Nasir.

Adapun 12 jenis pelanggaran yang akan ditindak dalam giat operasi Zebra Jaya 2019 ini antara lain ;

1. pengendara yang tidak memiliki SIM
2. Kendaraan yang tidak dilengkapi STNK
3. Melawan arus lalu lintas
4. Tidak menggunakan helm SNI bagi pengendara motor
5. Mengemudikan mobil tidak dengan menggunakan sabuk pengaman
6. Menggunakan HP saat mengemudi
7. Berkendara di bawah umur
8. Berkendara sepeda motor berboncengan lebih dari 2 orang
9. Kendaraan bermotor yang tidak memenuhi persyaratan lail jalan
10. Kendaraan yang tidak dilengkapi perlengkapan standar
11. Berkendara di bawah umur
12. Kendaraan bermotor yang memasang sirine atau rotator.

Ditlantas Polda Metro Jaya

Selain untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban serta kelancaram dalam berlalu lintas. Polisi juga berupaya memberikan pendidikan kepada masyarakat agar bisa meningkatkan kesadaran mereka dalam berlalu lintas.

Untuk kelancaran giat operasi tersebut, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan mengerahkan setidaknya 2.380 personel gabungan TNI-Polri, Dishub dan Satpol PP. []

Pos terkait