Mahfud MD Siap Jalankan Komando Kemenko Polhukam

  • Whatsapp
Mahfud MD
Menko Polhukam, Mahfud MD.
PHP Dev Cloud Hosting

Inisiatifnews – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam), Prof Mahfud MD merasa siap dengan tugas baru yang dipercayakan Presiden Joko Widodo itu.

Meskipun dirinya berasal dari sipil, komando di Kementerian yang dipimpinnya tidak akan mempersulit ruang gerak Mahfud.

Bacaan Lainnya

“Saya kira saya akan banyak belajar dari pengalaman yang sudah-sudah, dan saya banyak teman yang akan segera menghimpun informasi agar saya bisa segera menyesuaikan diri,” kata Mahfud MD usai jalani pelantikan dan pengambilan sumpah di Istana Negara, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (23/10/2019).

Dari Presiden, Mahfud mengaku mendapatkan pesan khusus agar persoalan hukum di Indonesia kembali membaik.

“Tetapi tugas-tugas saya mencakup hal-hal yang tadi disebut bapak Presiden, soal menkoordinasikan penegakan hukum, sehingga persepsi tentang penegakan hukum itu tidak mengecewakan,” ujarnya.

Mahfud juga mendapatkan beberapa survei tentang persoalan hukum di Indonesia, bahwa publik memberikan catatan bahwa penegakan hukum di Indonesia kurang maksimal. Dan ia pun menyatakan siap melakukan perbaikan-perbaikan itu.

“Itu soal persepsi dalam hasil survei itu kan memang pendapat orang, nggak apa-apa, kita akan perbaiki,” lanjutnya.

Selain soal memperbaiki citra dan penegakan hukum, Mahfud juga mendapatkan pesan dari Presiden agar melakukan pemberantasan korupsi dan menangkal radikalisme.

“Ada soal pemberantasan korupsi, lalu ada deradikalisasi, itu yang menyangkut ideologi,” terangnya.

Untuk itu, ia berangkat ke kantor Kemenko Polhukam di Jl Medan Merdeka Barat. Selain mengikuti acara serah terima jabatan (sertijab), dirinya juga akan menyerap berbagai informasi di internal kantornya yang baru itu dan melalukan inventarisir masalah.

“Nanti saya akan berangkat ke kantor Kemenko Polhukam untuk mendapat informasi umum dulu tentang kantor dan berbagai agenda-agenda dasarnya,” tutur Mahfud.

“Dan mungkin besok pagi saya sudah mulai merumuskan kebijakan. Tapi besok pagi masih akan ada rapat kabinet pertama. Dan dari situ kebijakan bisa diturunkan sesuai dengab visi Presiden Republik Indonesia,” imbuhnya.

Pimpin Para Jenderal

Sebagai Menko Polhukam, Mahfud MD akan memimpin bebeberapa lembaga pemerintahan dan kementerian yang berkaitan dengan Polhukam. Ada TNI, Polri, Kemenkum HAM, Kementerian Pertahanan dan sebagainya. Dari instansi itu, ada pula yang merupakan para jenderal militer dan perwira tinggi Polri.

Namun Mahfud tak membuatnya itu menjadi beban. Walaupun dirinya berasal dari kalangan sipil, ia masih yakin akan mampu memegang tongkat estafet kepemimpinan di Kemenko Polhukam.

“Saya pernah pimpin Kemenhan yang bawahan-bawahan saya para Jenderal semua dan saya sipil,” pungkas Mahfud.

Dan dari pengalaman yang pernah dijajakinya itu, ia memiliki kesimpulan bahwa militer sablngat tertib dan patuh pada komando. Dan itu yang dianggap Mahfud sangat membantu dan mempermudah kinerjanya nanti.

“Bagusnya militer itu selalu disiplin secara hirarkis. Ketika saya dulu memimpin dan memimpin jenderal-jenderal mereka juga, meskipun sipil memimpin dan sudah mengatakan begini, ya mereka ikut,” papar Mahfud.

Termasuk juga Prabowo Subianto. Dalam hirarki struktural di Kementerian, mantan Danjen Kopassus itu akan berada di bawah komando Mahfud.

Namun saat ditanya sinergitas, Mahfud menyatakan bahwa Prabowo adalah sosok militer yang sangat taat pada komando dan struktur hirarki.

“Kemenhan yang sekarang pak Prabowo itu taat azas, taat aturan dan taat struktur. Kalau memang ada kebijakan Presiden yang disalurkan dan diimplementasikan dalam bentuk kebijakan Kemenko, itu ya kementerian di bawahnya harus ikut,” tutupnya. []

Pos terkait