Erick Tohir Harap BUMN Tak Lagi Jago Kandang, Tapi Pemain Global

  • Whatsapp
erick tohir
Menteri BUMN, Erick Tohir.
PHP Dev Cloud Hosting

Inisiatifnews – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kabinet Indonesia Maju, Erick Thohir menginginkan agar Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) maupun swasta tidak lagi hanya unggul di dalam negeri, namun juga harus mampu menembus tingkat global.

Hal ini disampaikan Erick untuk mengejawantahkan keinginan Presiden Joko Widodo.

Bacaan Lainnya

“Saya juga berharap tentu kita membangun ekosistem yang sehat, BUMN, BUMD, dan swasta di mana tidak lain untuk berkolaborasi seperti Bapak Presiden Joko Widodo sampaikan bahwa kita tidak hanya bisa jago kandang tapi harus menjadi pemain global,” ujar Erick Thohor di Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Dia mengatakan bahwa hal tersebut bisa dicapai jika semua pihak baik BUMN, BUMD dan swasta bisa bersama-sama memiliki misi yang sama untuk membuat Indonesia maju sesuai dengan nama Kabinet Indonesia Maju seperti dicanangkan oleh Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin untuk periode 2019-2024.

“Ini bukan hanya sebuah visi, tapi sebuah hasil yang diharapkan nyata untuk rakyat Indonesia,” ujarnya.

Menteri Erick mengakui, bahwa tugas BUMN sangat berat karena tidak hanya dituntut sebagai korporasi yang berorientasi laba, namun juga berperan sebagai lokomotif bagi pembangunan Indonesia.

“Namun yang pasti sama bahwa kita adalah agen perubahan buat Indonesia. Bagaimana kita harus menjadi pusat kinerja untuk juga kesejahteraan masyarakat Indonesia,” kata Erick.

Erick Thohir juga meyakini bahwa visi Indonesia 2045 yang disampaikan oleh Presiden Jokowi bukanlah sesuatu yang di awang-awang, melainkan harus dimulai dari sekarang untuk mencapainya.

Baru saja dilantik dan melakukan serah terima jabatan (sertijab) pada Rabu (23/10), Menteri BUMN Kabinet Indonesia Maju Erick Thohir langsung bekerja dengan menggelar rapat internal Kementerian BUMN bersama para deputi serta pejabat terkait.

Hal itu harus dilakukannya, karena dirinya memiliki key performance index atau KPI yang harus dicapai selama tiga bulan ke depan. “Pernyataan ini juga disampaikan oleh Presiden Jokowi bahwa semua menteri harus siap dicopot, dan saya sangat siap dicopot,” tegas Erick. []

Pos terkait