Presiden Jokowi Sudah Urus Wamen, Malam Ini Finalisasi

  • Whatsapp
Jokowi
Presiden Joko Widodo bersama jajaran Menteri di Kabinet Indonesia Maju. [foto : twitter/jokowi]
PHP Dev Cloud Hosting

Inisiatifnews – Beberapa kalangan mencoba untuk mengusulkan beberapa pos menteri untuk ditempatkan Wakil Menteri (Wamen). Ternyata usulan itu sudah disikapi oleh Presiden Joko Widodo.

Kepada wartawan, orang nomor satu di Republik Indonesia itu menyatakan, bahwa penentuan nama-nama wanen di kabinet Indonesia Maju sudah selesai dan akan dilakukan finalisasi pada malam ini.

Bacaan Lainnya

“Soal wamen, sebetulnya sudah selesai. Wamen sudah selesai,” kata Jokowi di Istana Negara, Kamis (24/10/2019).

Jokowi mengungkapkan wakil menteri tersebut ada yang berasal dari partai dan profesional. Namun, politikus PDIP itu belum mau mengungkapkan nama dan jumlah wakil menteri tersebut.

“Jumlahnya masih belum hitung. Nanti finalisasinya ini, kira kira malam ini,” kata Jokowi.

Selanjutnya, Jokowi berharap Wamen yang terpilih bisa membantu tugas menterinya. Jokowi kemudian memberi contoh di Kementerian BUMN yang membutuhkan wakil menteri sampai tiga orang karena akan mengurus sekitar 140 perusahaan negara.

“Jadi kalau mengelola perusahaan sebanyak itu, perlu pengawasan, perlu dikontrol, perlu cek, ya kalau memang diperlukan itu ya enggak apa-apa,” kata Jokowi.

“Jadi diharapkan sore hari ini juga final semuanya dan segera dilantik, secepatnya. Secepatnya akan kita lantik,” tutup Jokowi.

Sebelumnya, Erick Tohir mengaku telah mengajukan tiga sampai empat nama calon wakil menterinya ke Presiden Joko Widodo. Salah satu nama yang ia usulkan adalah Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Kartika Wirjoatmodjo.

Ia menolak menyebutkan nama calon yang ia ajukan kepada Jokowi. Ia hanya memastikan calon yang diajukan tidak ada yang berasal dari kalangan swasta.

Erick mengatakan lebih mengutamakan wakil menteri dari kalangan BUMN daripada unsur lain. Erick meminta kepada Presiden Jokowi untuk memberikan wakil menteri kepadanya. Ia meminta wakil menteri karena tanggung jawab menteri BUMN dinilai besar. []

Pos terkait