Nico Siahaan Diperiksa KPK, Sebagai Saksi Money Laundry

  • Whatsapp
Nico Siahaan
Junico Bisuk Partahi Siahaan alias Nico Siagaan.
PHP Dev Cloud Hosting

Inisiatifnews – Hari ini tim penyidik dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah memanggil politisi PDI Perjuangan, Junico Bisuk Partahi Siahaan alias Nico Siagaan.

Pemanggilan tersebut dilakukan untuk diminta keterangannya sebagai saksi terkait kasus dugaan pencucian uang (money laundry) yang dilakukan oleh eks Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadisastra.

Bacaan Lainnya

Jadwal pemeriksaan Nico Siahaan ini pun dibenarkan oleh Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Kabiro Humas) KPK, Febri Diansyah.

“Diperiksa sebagai saksi untuk tersangka SUN (Sunjaya),” kata Febri kepada wartawan, Selasa (29/10/2019).

Anggota Komisi X DPR RI tersebut terlihat berada di KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan sekitar pukul 10.00 WIB. Ia memakai pakaian hitam. Tak lama kemudian Nico masuk ke ruang pemeriksaan.

Dalam kasus ini, Sunjaya ditetapkan kembali sebagai tersangka oleh KPK terkait pencucian uang. Sunjaya disangkakan melanggar Pasal 3 dan/atau Pasal 4 UU No 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang.

“Total penerimaan tersangka SUN (Sunjaya) dalam perkara ini adalah sebesar sekitar Rp 51 miliar,” ucap Wakil Ketua KPK Laode M Syarif, Jumat (4/10).

KPK menduga ada aliran duit yang berkaitan dengan perkara Sunjaya itu ke acara PDIP pada tahun 2018. KPK menyebut akan mencari tahu dugaan TPPU Sunjaya itu.

KPK menyebut uang itu diterima oleh Nico yang merupakan kader PDIP. Namun, Nico disebut telah mengembalikan uang senilai Rp 250 juta. Uang itu diduga berasal dari aliran TPPU Sunjaya. []

Pos terkait