Nico Siahaan Benarkan Ada Duit Rp250 Juta Ngalir di Acara PDIP

  • Whatsapp
nico siahaan
Nico Siahaan usai diperiksa di KPK. [foto : Istimewa]
PHP Dev Cloud Hosting

Inisiatifnews – Usai diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) alias money laundry oleh tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Junico Bisuk Partahi Siahaan alias Nico Siahaan membenarkan jika ada duit Ro250 juta mengalir di acara Kongres Sumpah Pemuda PDI Perjuangan tahun 2018.

Duit sebanyak itu kata Nico berasal dari mantan Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadisastra. Tujuannya adalah untuk sumbangan acara yang dihelat di Jakarta dan sebagai upaya gotong royong saja.

Bacaan Lainnya

Namun eks presenter ini menyatakan tidak tahu menahu jika uang yang masuk dari Sunjaya itu berasal dari hasil tindak kejahatan sang kader.

“Betul (itu uang iuran). Jadi, menurut saya itu adalah gotong royong sebenarnya, yang menurut saya wajar dilakukan oleh anggota organisasi sehingga saya rasa ini merupakan hal yang lumrah dilakukan,” kata Nico kepada wartawan usai dimintai keterangan sebagai saksi di gedung Merah Putih, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (29/10/2019).

Sementara terkait dengan aliran dana dari Sunjaya sebesar Rp250 juta, Nico yang dalam kapasitasnya sebagai Ketua Panitia Kongres Sumpah Pemuda PDI Perjuangan itu telah menyerahkannya kepada KPK sebagai alat bukti.

Hari ini, konten pemeriksaan Nico adalah mempertanyakan sumber dari duit Rp250 juta yang diserahkan Sunjaya kepada panitia acara. Dan Nico menegaskan kepada penyidik KPK bahwa dirinya tidak tahu sama sekali sumber utama dari duit tersebut.

“Yang ditanyakan tadi apakah Anda mengetahui, ya Saya bilang, ‘Saya tidak tahu uangnya dari mana. Itu adalah sumbangan dia, kita enggak tanya satu-satu‘,” tutur Nico.

Perlu diketahui, bahwa duit Rp250 juta Sunjaya itu adalah hasil dari berbagai transaksi tentang pengadaan barang dan jasa di wilayah pemerintahan Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Kemudian ada juga dana setoran dari mutasi jabatan hingga persoalan perizinan PLTU 2 Cirebon.

Total duit yang dicuci oleh Sunjaya menurut catatan KPK adalah sebesar Rp51 miliar. Duit-duit itu dikirim ke beberapa rekening dan dijadikan dalam bentuk tanah dan mobil. []

Pos terkait