Pulang Kampung, Mahfud Panjatkan Doa ke Para Leluhur

  • Whatsapp
Mahfud MD
Menko Polhukam, Mahfud MD saat ziarah di kampung halamannya. [foto : Istimewa]
PHP Dev Cloud Hosting

Inisiatifnews – Menjadi pejabat negara tak membuatnya lupa dari mana ia berasal. Dan ini ditampakkan oleh Menko Polhukam, Prof Mahfud MD.

Beberapa hari bertugas di Kabinet Indonesia Maju, Mahfud MD menyempatkan diri untuk pulang kampung ke Desa Plakpak Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Jumat pagi ini (1/11/2019).

Bacaan Lainnya

Di saja, ia sungkem ke ibunya yang kini tinggal di Desa Plakpak Madura. Dan ia bersama rombongan juga berkesempatan untuk berziarah ke makam leluhurnya, terutama ayahnya Haji Mahmudin.

Di desa Plakpak, tepatnya Dusun Seccang memang terdapat sebuah kompleks pemakaman yang berisi makam para leluhur dan keluarga dekat Menko Mahfud MD, antara lain buyut, kakek, nenek, paman, bibi, ayahnya, saudara dan para sepupu.

Ketika diwawancarai wartawan, Mahfud MD menjawab singkat. Bahwa dirinya hanya berziarah biasa saja ke pusaran para leluhur.

“Ziarah saja, sebagaimana biasanya,” kata Mahfud.

Selain itu, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu juga memohon doa kepada seluruh rakyat Indonesia khususnya masyarakat Madura atas amanat yang kini diembannya itu di pemerintahan pusat.

“Ya bukan hanya untuk masyarakat Pamekasan, tapi untuk seluruh masyarakat Indonesia. Saya kan wakil Madura di panggung nasional, jadi mohon doanya ya. Sudah dulu ya, saya buru-buru,” kata Mahfud MD.

Dalam acara ziarah leluhur tersebut, Menko Mahfud disertai rombongan. Mahfud MD mimpin sendiri pembacaan Yasin dan tahlil.

Dalam rombongan itu tampak isteri tercinta Zaizatun Nihayati (Bu Mahfud), Warek I Unitomo Siti Marwiyah (adik kandung Mahfud MD) dan Bakal Calon Walikota Surabaya Firman Syah Ali (keponakan Mahfud MD).

Firman Syah Ali yang akrab disebut Cak Firman menjelaskan, Mahfud MD memang sering ziarah ke makam para leluluhurnya.

‚ÄúSesempit apapun waktunya selalu disempatkan,” katanya.

Saat Mahfud MD dan rombongan lewat warga desa tampak berdiri di tepi jalan melambai ke arah iring-iringan. Begitu juga anak-anak sekolah berdiri di depan sekolahnya melambai ke arah rombongan.

Orang tua Menko Mahfud MD memang orang Plakpak Pamekasan. Desa Plakpak adalah salah satu desa basis Sarekat Islam/Masyumi di Pamekasan. Waktu itu hanya orang tua Menko Mahfud MD dan beberapa orang lagi yang ikut Partai NU. []

Pos terkait