PSI : Masalah Anies Baswedan Adalah Transparansi

  • Whatsapp
PSI
Rian Ernest Tanudjaja dan Idris Ahmad.

Inisiatifnews – Juru bicara DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Rian Ernest Tanudjaja menilai bahwa saat ini persoalan yang dimiliki oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan adalah transparansi.

Hal ini dikatakan Ernest mengapa partainya sangat gencar untuk mendorong agar Pemprov DKI Jakarta melakukan transparansi alias buka-bukaan data khususnya keuangan daerah.

Bacaan Lainnya

“PSI sejak awal mendorong adanya transparansi proses penganggaran. Kenapa? Agar semua mata yang ada di DKI bisa melihat rinci detail anggaran sejak awal, bukan diakhir penetapan ini,” kata Ernest di Jakarta, Senin (4/11/2019).

Dengan sikap PSI tersebut, eks anak buah Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Pemprov DKI Jakarta itu yakin kinerja para Aparatur Sipil Negara (ASN) di DKI Jakarta akan terbantukan.

“Kami yakin akan membantu tugas teman-teman ASN di Pemprov DKI,” ujarnya.

Selain itu, Ernest juga mengingatkan kepada Anies agar tidak memberikan punishment kepada anak buahnya karena persoalan hebohnya lem aibon, bulpoin, komputer hingga influencer.

Baginya, sebagai kepala pemerintahan Anies tidak sepatutnya mencari kambing hitam termasuk dalam persoalan e-budgeting yang dianggapnya tidak smart itu.

“Menghukum ASN di bawah bukanlah langkah bijak. Pak Gubernur sebaiknya tidak mencari kambing hitam atau mengorbankan anak buah,” tuturnya.

Lebih lanjut, Rian Ernest menyatakan bahwa partainya sangat mendukung langkah pemberantasan tindak pidana korupsi. Maka dari itu, transparansi anggaran bagi Ernest adalah kunci untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan yang kerap terjadi di lingkaran birokrasi tersebut.

“Transparansi adalah kunci pencegahan korupsi. Warga Jakarta menunggu komitmen Gubernur Anies Baswedan untuk buka proses dan data anggaran kepada publik,” pungkasnya.

Dan terakhir, Rian Ernest menyatakan bahwa partainya yang ada di DPRD DKI Jakarta tidak akan bersedia untuk menyetujui apapun anggaran yang tidak dilakukan secara transparan kepada publik.

“PSI tidak akan menyetujui usulan anggaran yang tidak dibuka kepada publik,” tutupnya. []

Pos terkait