Guru Agama Diharapkan Jadi Prioritas di Seleksi PNS

  • Whatsapp
Guru agama
Ilustrasi guru agama.

Inisiatifnews – Anggota Komisi II Fraksi PPP DPR RI, Syamsurizal menilai bahwa saat ini yang dianggap cukup urgen adalah keberadaan guru agama di lingkaran guru negeri alias guru PNS.

Hal ini disampaikan Syamsurizal lantaran terjadi banyaknya penurunan kualitas moral bagi generasi muda Indonesia khususnya kaum pelajar.

Bacaan Lainnya

“Saat ini Indonesia sedang mangalami masalah berupa dekadensi moral yang terjadi di berbagai sektor,” kata Syamsurizal dalam siaran persnya, Selasa (19/11/2019).

Oleh karena itulah, ia berpandangan bahwa perlu menjadi perhatian dari Kementerian Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB).

“Guna memperbaiki kemunduran moral tersebut, KemenPANRB diminta untuk memperioritaskan penerimaan guru agama dalam seleksi PNS yang saat ini sedang dilakukan serta pada seleksi PNS di tahun berikutnya,” ujarnya.

Kemudian, Syamsurizal mengatakan bahwa guru agama memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan benteng mental serta moral bagi para peserta didik di Indonesia. Terkhusus keberadaan guru agama juga penting untuk menunjang capaian kerja dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Agama.

“Guru agama mempunyai peran strategis memperkuat mental dan moral peserta didik di sekolah-sekolah yang berada di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta di madrasah-madrasah yang ada di lingkungan Kementerian Agama,” terangnya.

Apalagi ia juga menyadari bahwa banyak sekali guru agama yang sudah mengabdi di dunia pendidikan formal namun tingkat kesejahteraan mereka kurang terjamin, lantaran statusnya masih honorer bahkan sampai ada yang bertahun-tahun.

“Pengangkatan guru agama menjadi PNS semakin penting bagi guru-guru agama hononer yang sudah mengabdi sebagai pengajar dan pendidik dalam waktu yang lama,” pungkasnya.

Untuk itu, ia pun berharap besar agar keberadaan guru agama honorer menjadi prioritas dalam pengangkatan PNS dalam program penjaringan CPNS di pemerintahan pusat.

“Pengangkatan guru agama menjadi PNS membuat mereka semakin berkonsentrasi dan berkontribusi mendidik para siswa agar menjadi warga berkarakter dan bermoral,” tegasnya. []

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait