Kelompok 17 Gelar Pameran “Selamatkan Bumi”

  • Whatsapp
20191121 193433
Penyu Berkalung Duka karya perupa Lebeth Idris

Inisiatifnews – Kelompok 17 adalah para perempuan perupa seni yang mencurahkan kepedulian sosial dalam bentuk seni lukis, seni kolase, seni keramik dan seni fotografi.

Mereka akan kembali memamerkan karya-karyanya untuk kelima kalinya, Kamis (21/11/3019). Kelompok 17 terdiri dari perempuan lintas usia, budaya dan profesi serta berasal dari berbagai pelosok nusantara dan dunia. Mereka beritikad membangun wadah atau ruang aman untuk berkarya, dan mengespresikan kecintaan serta komitmen terhadap beragam masalah.

Pameran lukisan kelima ini mengusung tema “Selamatkan Bumi”. Tujuannya menggugah masyarakat agar peduli dan berpartisipasi dalam gerakan global menyelamatkan bumi dan lingkungan.

Misalnya salah satu karya pelukis Lebeth Idris dengan judul “Penyu Berkalung Duka”. Lebeth bermaksud memprotes perilaku manusia yang merugikan mahluk hidup lainnya dengan membuang sampah sembarangan yang berujung mengancam ekosistem.

20191121 193450

Karya lainnya dari perupa Ferina Widodo, seorang peserta tamu, mengetuk hati pengunjung untuk ikut merasakan pedihnya daun-daun yang meranggas.

Komisaris Utama PT Samudera Indonesia Tbk, Shanti Poesposetjipto beserta Chief Human Resources Officer Indosat Oredoo, Ripy Mangkoesoebroto berkesempatan membuka pameran yang diselenggarakan malam ini di Balai Budaya, Jalan Gereja Theresia Nomor 57, Jakarta Pusat.

Berbagai karya perupa dari Kelompok 17 ini dapat disaksikan sepanjang pameran yang berlangsung hingga 29 November mendatang. (FMM)