Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan di acara Reuni Akbar 212 di Monas. [foto : Istimewa]

Inisiatifnews – Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan menyampaikan bahwa keunikan bangsa Indonesia ada di persatuan dan kesatuannya.

“Yang unik dari bangsa Indonesia adalah ada persatuan Indonesia, dan semua yang ada di sini adalah cermin persatuan Indonesia,” kata Anies saat memberikan sambutan di acara Reuni Akbar 212 di Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (2/12/2019).

Baginya, persatuan dan kesatuan tidak terwujud karena retorika semata, melainkan karena hadirnya keadilan.

“Persatuan itu tidak dijaga dengan retorika, tulisan atau lisan, (tapi) persatuan dijaga dengan menghadirkan keadilan,” ujarnya

“Tanpa keadilan tidak ada persatuan. Oleh karen itu, keadilan menjadi penting,” imbuhnya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan di Kabinet Indonesia Kerja Jilid I itu menyampaikan, bahwa tugas seluruh stakeholder khususnya pemerintah dan aparat penegak hukum adalah memastikan keadilan itu benar-benar hadir di tengah-tengah masyarakat.

“Tanggung jawab kita hari ini adalah, memastikan keadilan kepada seluruh rakyat Indonesia. Saat ini Fokus di Jakarta, bukan sekedar membangun infrastruktur fisik, tapi kami ingin menghadirkan kesetaraan bagi warga Jakarta sehingga terwujudlah keadilan,” papar Anies. []

space iklan