Erick Thohir Bakal Sisir Oknum yang Terlibat Penyelundupan Harley Sang Dirut

Erick Thohir
Menteri BUMN, Erick Thohir.

Inisiatifnews – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir telah memecat Direktur Utama (Dirut) Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra terkait kasus penyelundupan komponen Harley Davidson dan sepeda Brompton melalui pesawat baru Garuda Indonesia.

Dalam penyelundupan tersebut pula, diduga tidak hanya melibatkan satu orang saja.

Bacaan Lainnya

Untuk itu, Erick menyatakan akan terus mengusut oknum-oknum lain yang terlibat dalam kasus tersebut. Dia bilang, besok akan rapat dengan Komisaris Garuda.

“Saya akan ada rapat lagi dengan Komisaris (Garuda) besok Sabtu, untuk me-review oknum-oknum lain yang juga masih terlibat,” katanya saat ditemui di Tangerang Selatan, Jumat (6/12/2019).

Erick pun menyadari bahwa ada proses yang harus dijalani. Ia tidak mau seakan-akan pemerintah menghakimi orang-orang yang menjadi oknum dalam kasus ini.

“Saya tidak mau nanti seakan-akan kami kementerian ini menghakimi, tidak,” ungkapnya.

Namun menurutnya, tindakan yang sudah dilakukan oleh oknum yang terlibat dalam kasus ini merupakan tindakan kriminal dan melanggar tata kelola perusahaan.

“Kalau kemarin mohon maaf tindakan kriminal. Itulah kenapa kemarin press conference yang dilakukan secara bersama-sama, saya rasa jarang lah press conference sama-sama. Ibu Menkeu dengan Dirjen Imigrasi, komisi XII juga hadir, itu sesuatu yang saya mungkin terlihat jelas bahwa memang menyalahi good corporate governance,” tegasnya. []

Pos terkait