Erick Thohir Janji “Sikat” Seluruh Pejabat Garuda Terlibat Harley Dirut

garuda indonesia
Pesawat Garuda Indonesia.

Inisiatifnews – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir menyatakan akan serius membersihkan seluruh pajabat PT Garuda Indonesia yang ikut nakal dengan sang Dirut yakni I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra dalam kasus penyelundupan sparepart Harley Davidson dan sepeda lipat Brompton.

Bagi Erick, pembersihan pejabat nakal ini merupakan amanat dirinya sebagai Menteri BUMN untuk memastikan perusahaan plat merah tetap berjalan dengan sehat tanpa ada pejabat yang terbukti nakal.

Bacaan Lainnya

“Kalau memang kotor ya kita bongkar lah. Ini kan amanat,” kata Erick di Tangerang Selatan, Jumat (6/12/2019).

Amanat untuk membersihkan BUMN yang tidak benar ini dikatakan Erick juga merupakan perintah dari Presiden.

“Pak Presiden sudah membuat statemen yang cukup terbuka, bahwa bongkar total manajemen BUMN selama ini yang tidak benar,” ujarnya.

Pengusaha muda ini juga menyampaikan rasa prihatinnya bahwa kasus tersebut tidak hanya dilakukan secara individu oleh Direktur Utama PT Garuda Indonesia saja, bahkan ada keterlibatan orang lain yang sifatnya sistemik.

“Karena yang membuat sedih ini dilakukan secara sistemik. Dalam arti Dirut ada kerjasama ini itu terus, jadi bukan individu,” terangnya.

Kemudian, Erick juga menegaskan bahwa dirinya tidak akan ragu-ragu merombak manajemen atau jajaran direksi PT Garuda Indonesia jika memang ditemukan indikasi melanggar tata kelola perusahaan yang baik.

“Tidak masalah kalau ganti total, kalau memang iktikad tidak baik, ya ganti total,” pungkasnya.

Namun, Erick memastikan akan mengikuti prosedur yang berlaku pada perusahaan terbuka dalam melakukan pendalaman kasus ini.

“Prosesnya karena (perusahaan) terbuka harus seperti itu. Saya tidak mau juga ada pesan yang salah yakni seakan-akan pemerintah mengintervensi atau masuk di segi korporasi, apalagi (perusahaan) yang terbuka,” ujarnya. []

Pos terkait