Menhub Pastikan Bus Layak Jalan Saat Liburan Natal dan Tahun Baru

budi karya sumadi
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat melakukan pengecekan langsung di terminal Pulo Gebang, Cakung, Jakarta Timur.

Inisiatifnews – Budi Karya Sumadi melakukan sidak ke terminal Pulo Gebang Jakarta Timur. Kedatangan Menteri Perhubungan RI tersebut disampaikannya untuk memastikan bahwa seluruh kendaraan angkutan umum bus layak beroperasi.

“Saya datang ke terminal Pulo Gebang ini ingin memastikan agar nantinya saat libur Nataru (Natal dan Tahun Baru -red) seluruh masyarakat mendapatkan pelayanan yang baik dan maksimal,” kata Budi Karya di terminal Pulo Gebang, Cakung, Jakarta Timur, Sabtu (7/12/2019).

Bacaan Lainnya

Disampaikan Budi Karya, bahwa armada bus di lingkungan terminal Pulo Gebang sudah bagus-bagus. Hanya saja ia juga meminta agar para penguji memastikan seluruhnya benar-benar optimal. Jangan sampai ada kelalaian agar armada bus bisa melayani masyarakat dengan baik dan optimal.

“Bus yang ada bagus-bagus, namun kita tidak boleh lengah. Tadi saya berdiskusi dengan penguji biasanya yang krusial ada di ban. Secara khusus ban vulkanisir tidak boleh dipasang di depan,” pesan Menhub.

Selain memastikan armad bus layak beroperasi. Menhub juga mengatakan, bahwa ia juga memastikan pelayanan pembelian tiket bus secara online berjalan lancar.

Apalagi kata Budi Karya, penjualan tiket secara online tersebut merupakan suatu peningkatan pelayanan sehingga masyarakat bisa memiliki kepastian dalam mendapatkan tiket bus antar kota antar provinsi.

“Tadi saya sudah coba membeli 2 tiket secara online untuk bus jam 11.00 WIB dan jam 12.00 WIB, tapi melalui aplikasi Traveloka dan redBus,” ujarnya.

“Saya mengharapkan yang sudah dibuat yaitu www.terminalpulogebang.com dapat digunakan oleh semua operator bus agar masyarakat lebih banyak pilihan,” imbuhnya.

Terakhir, Budi Karya juga mengimbau kepada para pemudik liburan natal dan tahun baru agar menghindari penggunaan sepeda motor untuk kepentingan mudik. Sebaiknya kata Budi Karya, masyarakat memilih moda transportasi lainnya agar lebih aman.

“Dalam setahun ini 70% kecelakaan melibatkan sepeda motor jadi saya menghimbau agar menggunakan moda transportasi yang lain seperti bus, kereta api, kapal laut dan pesawat terbang” tutupnya. []

Pos terkait