IKA UII Yogyakarta
Rapat pengurus IKA UII Yogyakarta di kantor MMD Initiative Jakarta. [foto : Inisiatifnews]

Inisiatifnews – Ikatan Alumni Universitas Islam Indonesia (IKA UII) Yogyakarta segera mencari figur pengganti Mahfud MD sebagai Ketua Alumni.

Selain kesibukannya sebagai Menkopolhukam, Mahfud MD juga sudah dua periode menjabat sebagai ketua alumni kampus yang telah menelurkan sejumlah tokoh nasional ini.

Pengurus IKA UII berencana melaksanakan Musyawarah Nasional (Munas) pada 13 sampai 14 Desember ini untuk mencari pengganti Mahfud MD.

Sekjen IKA UII Herman Dulaimy menyatakan, bahwa Munas akan dihadiri perwakilan alumni dari seluruh Indonesia.

“Kami tengah mencari sosok pengganti Pak Mahfud, yang mampu membawa kemajuan organisasi ke depan, dan bisa memberi manfaat untuk Indonesia,” ujar Herman di Jakarta, Rabu (11/12/2019).

Sementara Ketua Panitia Munas IKA UII Dewi Ekasari menyatakan, sejumlah alumni antusias menghadiri Munas ini.

“Sampai saat ini, sudah 200 perwakilan menyatakan hadir. Sementara pemilik hak suara adalah Dewan Perwakilan Wilayah dan peserta resmi yang tercatat,” ujarnya.

Seksi acara Munas IKA UII Selly Suwignyo menambahkan, selain Mahfud MD, tokoh lain yang akan hadir adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Anwar Makarim serta Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan.

Untuk diketahui, ayah Anies, Rasyid Baswedan adalah dosen UII Yogyakarta.

Saat ini jumlah alumni UII sudah puluhan ribu, tersebar di seluruh Indonesia. Sejumlah alumni pernah menduduki posisi penting di negeri ini selain Mahfud MD adalah para pendekar hukum seperti Syarifudin (Wakil Ketua MA), Artidjo Alkostar (Hakim Agung), Busyro Muqodas (Komisiner KPK), Darmono (Wakil Jaksa Agung), Suparman Marzuki (Ketua Komisi Yudisial). 

Selain itu, Anto Prabowo (Direktur OJK), Ifdal Kasim (Ketua Komnas HAM), A. Haris Semendawai (Ketua LP3S), Marwan Ja’far (Menteri Desa), Halim Alamsyah (Deputy Gubernur BI dan Komut LPS) dan tokoh lainnya baik di eksekutif, legislatif maupun di yudikatif. 

Selain itu, alumni UII juga banyak yang menjadi pejabat perbankan, hakim, jaksa dan pengacara. Antara lain: Henry Yosodiningrat, Ari Yusuf Amir, Maqdir Ismail, Erwin Muslimin, dan lain sebagainya. Banyak pula alumni UII yang berkarir di media besar nasional, seperti tvOne, TransTV, SCTV, Net TV, Berita Satu, Tempo, dan Gatra, dan sejumlah media lainnya. (FMM)

space iklan
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia