Sejak Reformasi, Baru Kali Ini Anak Presiden Maju Pilkada

  • Whatsapp
jansen demokrat
Ketua DPP Partai Demokrat, Jansen Sitindaon.

Inisiatifnews – Ketua DPP Partai Demokrat, Jansen Sitindaon mengaku heran mengapa Gibran Rakbuming Raka dan Muhammad Bobby Afif Nasution maju Pilkada di saat Joko Widodo masih aktif menjabat sebagai Presiden RI.

Bagi Jansen, ini adalag fenomena perdana dalam iklim perpolitikan di Indonesia sejak reformasi ada.

Bacaan Lainnya

“Baru kali ini sejak reformasi ada anak presiden yang sedang menjabat, maju Pilkada. Ini kan bukan hanya satu orang, (tapi) dua orang sekaligus,” kata Jansen kepada wartawan, Kamis (12/12/2019).

Eks aktivis 98 ini menyebutkan bahwa Presiden Joko Widodo pernah menyampaikan narasi dalam pidatonya, bahwa keluarganya tidak ada yang tertarik di dalam politik. Namun faktanya berbeda saat Jokowi masih aktif justru anak dan menantunya terjun ke ranah politik praktis.

“Dulu di tengah pidato kampanye, Pak Jokowi sering mengatakan kalau keluarga saya tidak ada satu pun yang tertarik politik. Ini tiba-tiba maju dua, anak dan menantu,” ujarnrnya.

Bagi Jansen, meskipun dianggap Presiden Jokowi majunya Gibran adalah murni kompetisi bukan penunjukan, tapi label anak Presiden di diri Gibran dan menantu Presiden di diri Bobby tetap memiliki efek samping dalam kontestasi politik elektoral.

“Sedikit banyak embel-embel sebagai anak dan menantu ini, banyak efeknya lah. Seperti Bobby misalnya, tanpa embel-embel menentu Pak Jokowi rasanya sih pemberitaan terhadap dia tidak sespektakuler sekarang lah,” terangnya.

Meskipun begitu, Jansen tetap berpesan kepada masyarakat khususnya daerah pemilihan keduanya yakni Gibran di Pilwakot Solo dan Bobby di Pilwakot Medan untuk tetap realistis melihat program-program yang ditawarkan, bukan malah melihat latar belakang mereka sebagai keluarga Presiden.

“Masyarakat harapan kita jangan silaulah dengan embel-embel itu. Tetaplah dilihat programya. Seperti kota Medan misalnya, Medan itu kan korupsi lah, banjir lah, aku kan orang sana, kriminalitas tinggi, nyaman itu murah di Medan, ini kan kompleks masalah di Medan,” tuturnya.

“Kalau memang Bobby tetap maju masyarakat lihatnya programnya, jangan silau dengan embel-embelnya,” imbuh Jansen. []

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Pos terkait