Agama Inspirasi Batin, Bukan Alat Aspirasi Politik

romo benny
Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Romo Antonius Benny Susetyo saat berdiskusi. [foto : Inisiatifnews]

Inisiatifnews – Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Romo Antonius Benny Susetyo menegaskan, agama apapun di Indonesia sejalan dengan Pancasila. Agama menguatkan dasar negara yang telah disepakati para founding fathers.

“Agama menguatkan dan sejalan dengan Pancasila. Pancasila lahir salah satunya dari agama yang ada di Indonesia,” tegas Romo Benny dalam seminar nasional ‘Membumikan Pancasila Upaya Deradikalisasi dan Moderasi Beragama di Era Milenial’ di UIN Sumatera Utara, Jumat (13/12/2019).

Bacaan Lainnya

Seminar yang diselenggarakan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara ini, selain dihadiri Romo Benny, juga dihadiri ulama setempat TGB Ahmad Sabbah EL Rahmany Rajagukguk, Dekan Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UINSU Dr Soiman, Sekretaris Forum Kajian Deradikalisasi Dan Moderasi Beragama UINSU (FKDMB) Muhammad Ikhyar Velayati Harahap dan lebih dari 100 mahasiwa dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sumatera Utara.

Romo Benny menekankan, agama apapun semestinya tidak dipertentangkan dengan dasar negara Pancasila. Rohaniawan Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI) ini meminta, generasi milenial harus memanfaatkan teknologi untuk mengarusutamakan Pancasila.

“Generasi milenial harus menggunakan teknogi dengan bijak termasuk dalam mengarusutamakan Pancasila dengan cara yang kekinian, menarik, inspiratif, dan edukatif,” imbau Romo.

Foto : Inisiatifnews

Serupa, TGB Ahmad Sabbah El Rahmany menegaskan, semu agama mengajarkan kedamaian termasuk agama  Islam. “Muslim sejati itu adalah  yang mampu melipatgandakan kebahagiaan  dengan memberikan kebahaigaan, mampu menentramkan manusia dan menjadi penyelamat untuk orang lain,” ungkap dia.

TGB Ahmad Sabban juga menjelaskan bahwa agama harus menjadi inspirasi batin, bukan menjadi alata aspirasi politik.

“Seperti yang dikatakan oleh Gus Dur bahwa agama seharusnya menjadi inspirasi batin, bukan malah aspirasi politik,” tandasnya.

Ditambahkannya, Pancasila salah satu sumbernya dari agama. Karena Pancasila, semua warga negara bebas menjalankan agama di Indonesia. 

“Kebebasan memeluk agama di Indonesia sangat luar biasa. Umat muslim, umat agama lainnya, boleh mejalankan agama Islam sebenar-benernya dan dilindungi oleh Pancasila,” tandas TGB Ahmad Saban. (FMM)

Pos terkait