Mahfud MD Sebut Masih Banyak Jual Beli Hukum

  • Whatsapp
Mahfud MD
Menko Polhukam, Mahfud MD.

Inisiatifnews – Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan, bahwa Indonesia masih menghadapi persoalan dalam penyusunan aturan hukum.

Hal ini disampaikan Mahfud saat memberikan sambutan dalam diskusi yang diadakan oleh Gerakan Suluh Kebangsaan dengan tema Merawat Semangat Hidup Berbangsa.

Bacaan Lainnya

“Problem kita itu sekarang dalam membuat aturan hukum, itu sering kacau balau. Ada hukum yang dibeli, pasal-pasalnya dibuat karena pesanan, itu ada. Undang-undang yang dibuat karena pesanan, Perda juga ada. Disponsori oleh orang-orang tertentu agar ada aturan tertentu,” kata Mahfud di Hotel Arya Duta, Jakarta, Kamis (19/12/2019).

Dia pun menyebut, sekarang ini banyak aturan yang tumpang tindih antara satu dengan yang lain. Oleh karena itu, kata Mahfud, Presiden akan merampingkan hukum positif yang ada.

“Sehingga, Presiden sekarang membuat apa yang disebut omnibus law,” jelas Mahfud.

Dia pun juga menyinggung soal penegakan hukum, masih dianggap tidak memenuhi unsur keadilan.

“Rasa keadilan sering ditabrak oleh formalitas-formalitas hukum. Oleh otoritas-otoritas yang mengatakan, kamu berpendapat begitu, kami kan yang memutuskan, misalnya. Lalu timbulah rasa ketidakadilan,” tukasnya. []

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait