Menko Mahfud : Omnibus Law Keamanan Laut Rampung 2020

  • Whatsapp
mahfud md
Menko Polhukam, Mahfud MD.
PHP Dev Cloud Hosting

Inisiatifnews – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mohammad Mahfud MD menyebutkan bahwa rancangan Omnibus Law tentang keamanan laut ditargetkan akan selesai pada kuartal ketiga tahun 2020 mendatang.

“Mudah-mudahan kuartal pertama, tahun 2020 sudah selesai pokok-pokok aturannya. Sesudah itu kuartal berikutnya dibentuk draf dan naskah akademiknya. Mudah-mudahan tahun 2020 sudah jadi,” kata Mahfud MD di kantornya, Jakarta Pusat, Senin (23/12/2019).

Bacaan Lainnya

Penyusunan dokumen tersebut, kata dia, akan disesuaikan dengan program legislasi nasional (prolegnas) yang telah ditetapkan DPR RI. Mahfud juga menjelaskan, bahwa disiapkannya rancangan Omnibus Law Keamanan Laut ini dikarenakan ada 17 UU yang mengatur dan memberi kewenangan secara berbeda dalam beberapa proses di kelautan.

“Sehingga penanganan di laut itu proses-proses investasi, perdagangan, bongkar muat lama sekali, karena ada minimal 7 (yang berwenang) yang memeriksa,” ujarnya.

Dari 17 UU tersebut, Mahfud mengatakan bahwa pemerintah ingin menyatukan bagian-bagian serupa agar menjadi satu pintu saja. Dalam proses penyatuannya, harus melibatkan banyak institusi. Mulai dari Kementerian Dalam Negeri, Polri, Bea Cukai, Imigrasi, dan Kementerian atau Lembaga terkait.

“Yang punya kewenangan-kewenangan di laut itu seperti polisi air, angkatan laut, Kementerian Perhubungan, Kelautan, Imigrasi punya aturan sendiri,” kata dia.

“Di laut sebegitu banyak aturan, padahal kita ingin menyederhanakan proses perizinan masuk, proses investasi, lalu lintas orang dan barang ingin dipermudah,” imnbuhnya.

Nantinya pada tahap awal, kata dia, pihaknya mengumpulkan stakeholder terkait untuk membicarakan detail terkait hal tersebut. Hasil yang diharapkan nanti, hanya akan ada satu pintu terkait dengan kewenangan keamanan laut. []

Pos terkait