Mahfud MD Hingga Gus Mus Tahlilan di Haul Gus Dur ke-10

Mahfud MD
Mahfud MD bersama KH Mustofa Bisri dan Alwi Abdurrahman Shihab.

Inisiatifnews – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menghadiri peringatan sepuluh tahun wafatnya Presiden Keempat Republik Indonesia KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Haul kesepuluh Gus Dur ini berlangsung di Ciganjur, Jakarta Selatan, Sabtu (28/12/2019) malam.

Mahfud MD tahlilan bersama sejumlah tokoh seperti KH Mustofa Bisri (Gus Mus), Menteri Agama Kabinet Kerja Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil, Gubernur Jawa Timur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak, serta ribuan warga berbagai kalangan yang menyemut di lokasi acara yang juga kediaman keluarga Gus Dur.

Bacaan Lainnya

Puncak acara yang diadakan pada mulai 19.30 WIB tersebut mengambil tema Rembug Budaya yang mempertemukan berbagai tokoh agama, masyarakat, dan pemangku kebijakan serta generasi muxa untuk merumuskan pemikiran Gus Dur untuk bangsa dan negara.

Ketua Panitia Acara haul Gus Dur, Inayah Wahid, gagasan Haul Gus Dur kali ini mencoba mengangkat sosok Gus Dur dengan kiprah dan sumbangsihnya terhadap budaya. Ini yang membedakan peringatan haul Gus Dur kali ini dengan haul Gus Dur sebelumnya.

“Gagasan dan konsep kebudayaan Gus Dur telah menjadi rujukan penting bagi para pemikir dan pelaku budaya, sehingga menempatkan Gus Dur sebagai seorang advokat budaya karena komitmennya membela kebudayaan yang tersingkirkan,” kata putri keempat Gus Dur ini.

Inayah mengatakan tema kebudayaan diambil dari kutipan pernyataan Gus Dur yang mengatakan “Kebudayaan Melestarikan Kemanusiaan”.

Karenanya, malam puncak puncak haul, selain diisi doa bersama dan tausiah dari tokoh dan para Kiai, juga ada stand up comedy dan pertunjukan musik dengan bintang tamu di antaranya Erie Suzan, Eny Sagita, stand up comedian Mamat Alkatiri, Akbar, Kartolo, dan Reza Zakaria. (FMM)

Pos terkait