Netizen Tuduh Mahfud MD Tak Paham Dalil, Gus Mus : Ini Kiai Madura

  • Whatsapp
gus mus
KH Mustofa Bisri di Haul ke 10 Gus Dur.

Inisiatifnews – Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin Rembang, KH Mustofa Bisri memberikan nasehat kepada Menko Polhukam Prof Mahfud MD agar tidak lalai dalam mengemban amanat sebagai pejabat negara.

Menurut ulama NU yang karib disapa Gus Mus itu, jebatan bisa menjadi alat perusak manusia jika tidak hati-hati dalam menjalankannya.

Bacaan Lainnya

“Hati-hati lho sampeyan (Mahfud MD), jabatan itu merusak wong (manusia),” kata Gus Mus saat menghadiri acara peringatan Haul 10 Ttahun Gus Dur di Ciganjur, Jakarta Selatan, Sabtu (28/12/2019).

Mendapati nasehat itu, Mahfud MD pun tersenyum dan mengangguk-ngangguk. Sementara hadirin terdengar tertawa mendengar nasehat Gus Mus.

Selanjutnya, Gus Mus juga menceritakan saat dirinya juga diberi amanat di Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) sebagai Rais Aam (Dewan Penasehat) menggantikan Almarhum KH Sahal Mahfud.

Saat itu kata Gus Mus, ia merasa dituntut untuk terus menyampaikan fatwa untuk menyikapi berbagai persoalan.

“Saat saya menjabat Rais Aam sebentar, rasanya saya harus berfatwa,” ujarnya.

Selain itu, Gus Mus juga menyebutkan bahwa Mahfud MD sejatinya adalah seorang kiai atau cendekiawan yang tengah tertutup oleh jabatan yang diembankan di pundaknya. Karena jabatan yang lebih dipandang publik, maka banyak sekali hinaan dan cercaan menyambar kehidupannya khususnya di media sosial.

“Ini (Mahfud adalah) kiai yang ketutupan pangkatnya, dia dilecehkan di media sosial itu. Saya mengikuti itu,” tuturnya.

“Saya pun bisa lupa kalau Mahfud itu seorang kiai. Sudah jadi Menko Polhukam,” imbuhnya.

Tudingan netizen bahwa apa yang dilontarkan Mahfud MD tidak berdalil juga membuat Gus Mus heran. Hal ini karena latas belakang Mahfud adalah seorang cendekiawan agama yang sangat paham dengan dalil-dalil namun dituduh tidak paham dalil.

“Enggak ngerti dalil gimana, ini kan kiai Madura,” pungkasnya. []

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Pos terkait