Hari Kedua 2020, Hujan Petir Siang Sampai Sore di Jakarta dan Sekitarnya

  • Whatsapp
hujan
Ilustrasi.

Inisiatfnews – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan atensi kepada masyarakat untuk mewaspadai cuaca buruk hari ini di kawasan DKI Jakarta.

Melalui situas resminya, BMKG menyampaikan bahwa beberapa kawasan di Jakarta akan dilanda hujan petir disertai dengan angin kencang.

Bacaan Lainnya

“Waspada potensi hujan disertai kilat / petir dan angin kencang di wilayah Jakbar, Jaksel dan Jaktim pada siang dan sore hari,” tulis BMKG dikutip oleh Inisiatifnews.com, Kamis (2/1/2020).

Dalam catatan BMKG, Jakarta selatan akan dilanda hujan petir pada siang hari, dan cuaca akan mulai mereda dengan kondisi berawan sejak malam hingga dini hari nanti dengan potensi suhu antar 23-32 derajat celsius dengan kelembaban antara 75-100 persen.

Selanjutnya kawasan Jakarta Timur, cuaca di sana juga diprediksi akan berpotensi sama dengan Jakarta Selatan.

Kemudian di Jakarta Barat, hujan lokal diprediksi akan terjadi antara siang hingga sore hari nanti. Nanti saat malam hari cuaca hanya akan berawan dan hujan ringan akan terjadi pada dini harinya. Sementara untuk suhu berada di kisaran 24-23 derajat celsius dengan tingkat kelembaban antara 80-100 persen.

Cuaca di Jakarta Pusat diprediksi akan sama dengan potensi cuaca di kawasan Jakarta Barat dengan tingkat suhu, sementara untuk tingkat kelembabannya antara 80-95 persen.

Selanjutnya untuk kawasan Jakarta Utara, potensi cuaca untuk siang hari akan berawan hingga malam harinya. Sementara saat dini harinya nanti berpotensi hujan dengan intensitas ringan. Dan untuk tingkat suhu berada di antara 24-32 derajat celsius dengan potensi kelembaban di antara 80-95 persen.

Sementara di kawasan Kepulauan Seribu, cuaca juga diprediksi tidak terlalu bersahabat. Dimana untuk siang harinya akan berawan dan hujan diperkirakan akan turun di malam hari dan intensitasnya akan meningkat di dini hari nanti. Kemudian untuk potensi suhunya antara 25-30 derajat celsius dengan tingkat kelembaban antara 80-95 persen.

Tidak hanya itu saja, cuaca kurang baik juga akan melanda kawasan-kawasan penyanggah ibukota DKI Jakarta, yakni beberapa kawasan di Jawa Barat dan Banten.

Masih berdasarkan catatan peringatan dini dari BMKG, bahwa potensi hujan sedang hingga lebat bahkan disertai dengan petir akan melanda beberapa kawasan di sekitar Jakarta, termasuk Bogor, Depok dan Bekasi. Intensitas curah hujan tersebut diprediksi akan berlangsung antara siang hingga malam hari.

“Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Bogor, Depok, Bekasi, Karawang, Sukabumi, Cianjur, Bandung, Purwakarta, Subang, Majalengka, Kuningan, Sumedang, Cirebon, Indramayu, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar dan Pangandaran,” tulis BMKG.

Sementara untuk kawasan Banten, peringatan dini dari MKG adalah antisipasi potensi gelombang tinggi.

“Waspada potensi gelombang tinggi di perairan selatan Banten dan Samudra Hindia Selatan Banten,” tulis BMKG juga.

Lalu bagaimana dengan cuaca di kawasan daerah penyanggah ibukota di wilayah Banten. BMKG mencatat untuk kawasan Kota Cilegon akan berawan sepanjang hari dengan intensitas suhu antara 24-32 derajat celsius dan dengan tingkat kelembaban antara 75-95 persen.

Di Kabupaten Lebak akan berpotensi hujan dengan intensitas sedang di siang hari. Kemudian di malam hari hingga dini hari nanti cuaca akan berawan. Potensi suhu di kawasan Kabupaten Lebak Banten ini berada di sekitar 23-30 derajat celsius dengan tingkat kelembaban antara 80-95 persen.

Selanjutnya untuk kawasan Serang, hujan dengan intensitas sedang diprediksi akan terjadi di siang hari, kemudian cuaca berawan di malam hari hingga dini hari tampaknya cuaca akan sedikit membaik. Untuk tingkat suhu di kawasan Serang diprediksi berada di antara 23-31 derajat celsius dengan tingkat kelembaban antara 70-100 persen.

Kemudia untuk kawasan Kota Serang akan berpotensi hujan lokal di siang hari dan kemudian malam hari akan berawan hingga dini hari cuaca diprediksi akan mulai sedikit membaik. Sementara untuk suhu diprediksi berada di sekitar 23-30 derajat celsius dan tingkat kelembaban antara 75-95 persen. [NOE/RED]

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Pos terkait