Hasa Polnus Imbau Pemerintah Tutup Akses Warga China ke Indonesia

  • Whatsapp
Stop viruses
Ilustrasi.

JAKARTA, Inisiatifnews.com – Ketua umum Himpunan Mahasiswa Politik Nusantara (Hasa Polnis) Ibrahim Malik Fatsey mengimbau kepada pemerintah Indonesia untuk mengehentikan penerimaan warga China masuk ke Indonesia dalam waktu dekat dalam rangka mengantisipasi merebaknya wabah virus Corona di Indonesia.

“Ya virus ini, sama-sama diketahui kian mewabah di negeri china, pemerintah hentikan warga China masuk ke Indonesia dalam waktu dekat hingga virus Corona teratasi dengan baik,” kata Fatsey kepada wartawan di Jakarta, Senin (27/1/2020).

Bacaan Lainnya

Dirinya menyebut, bahwa penyakit langka itu jarang ditemukan di Indonesia, maka perlu sikap tegas pemerintah atasi imigran terutama dari China.

“Kawatirnya, warga imigran dari China akan terbawa virus Corona ke Indonesia dan mewabah pada akhirnya mempersulit,” ujarnya.

Lebih jauh, Fatsey menyebut pemerintah Indonesia tidak menutup diri masalah kemanusiaan, namun untuk menghindari virus mematikan itu, perlu sikap tegas dan upaya preventif demi untuk menghindari masyarakat Indonesia dari virus Corona yang mewabah begitu cepat.

“Bukan masalah HAM, ini justru memperkeruh kesehatan manusia yang itu esensi hak manusia hidup. Sebagai warga negara dan generasi muda Indonesia nggak mau masyarakat kita terserang penyakit yang mematikan semacam di China belakangan ini,” sambungnya.

Selain itu, dirinya menghimbau kepada lembaga imigran untuk memverifikasi setiap imigran dari negara lain yang masuk ke Indonesia agar juga ikut melakukan upaya preventif tersebut. Setidaknya agar tidak hanya mengutamakan kesekapatan ekonomi dan investasi, namun pada akhirnya malah mengorbankan kesehatan pada masyarakat.

“Verifikasi kesehatan bagi warga imigran dari negara lain yang masuk ke Indonesia dalam waktu dekat sangat perlu. Ini masalah kesehatan masyarakat terhindar dari virus Corona yang mewabah dan mematikan itu,” tutup Fatsey. []

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait