Pemerintah Indonesia Upayakan Evakuasi WNI di Hubei

  • Whatsapp
Kemlu RI
Konferensi Pers di Kementerian Luar Negeri Indonesia.

Inisiatifnews – Juru bicara Kemlu, Teuku Faizasyah mengatakan bahwa pemerintah Indonesia tengah mengupayakan evakuasi terhadap warga negara indonesia (WNI) yang ada di Provinsi Hubei, China.

Evakuasi ini dilakukan mengingat wabah virus Corona dengan nama resmi 2019-nCoV itu tengah melanda negeri Tirai Bambu itu.

Bacaan Lainnya

Setidaknya di wilayah yang menjadi pusat penyebaran virus Corona itu, ada sebanyak 243 WNI yang masih terkungkung di sana.

Bahkan kata Faiza, pada tanggal 26 Januari telah diadakan video conference (konferensi video) antara Kemlu, Kemenkes (Kementerian Kesehatan), KBRI Beijing, KJRI Shanghai, KJRI Ghuangzhou, KJRI Hong Kong dab KDEI Taipe.

“Video conference juga membahas rencana kontijensi dan langkah-langkah koordinasi dengan otoritas China mengenai opsi evakuasi WNI,” kata Faiza di kantornya, Jakarta Pusat, Senin (27/1/2020).

Ia menuturkan bahwa pihaknya juga melakukan komunikasi dengan perwakilan asing di China yang kemungkinan akan mengambil opsi serupa.

Ditanya mengenai teknis evakuasi para WNI, Faiza mengatakan belum ada persiapan teknis sampai saat ini. Namun, semua sistem sudah siap, sehingga ketika memang evakuasi harus dilakukan, semuanya bisa dilakukan dengan cepat.

“Kita akan melakukan assessment dari waktu ke waktu, nanti kita berikan bantuan finansial juga. Untuk persiapan teknis belum ada, yang penting semua sistem sudah siap dan siap diaktifkan jika kita perlukan,” katanya.

“Teknis evakuasinya yang penting data semua orang sudah kita miliki dan nanti pada waktunya kita tadi sampaikan protap-nya untuk mereka patuhi. Semuanya akan banyak mendapat arahan dari pemerintah China karena kita tidak bisa bekerja sendiri,” imbuh Faiza.

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait