Menkes : 243 WNI di Wuhan Sehat, Menhub : Penerbangan ke Wuhan Ditutup

  • Whatsapp
terawan agus putranto
Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto. [foto : istimewa]

Inisiatifnews.com – Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto, menyampaikan bahwa 243 Warga Negara Indonesia (WNI) di Kota Wuhan, Provinsi Hubei China, dalam kondisi sehat.

Namun begitu, ia pun meminta agar masyarakat Indonesia tetap fokus pada bagaimana menjaga gaya hidup sehat agar dapat menjadi imunitas terhadap berbagai potensi penyakit.

Bacaan Lainnya

“Saya ingin mengimbau ke masyarakat untuk menjaga hidup sehat agar imunitasnya dapat terjaga dengan baik,” kata Menkes dalam Rapat Koordinasi (rakor) membahas upaya pencegahan virus corona di Indonesia, di Kantor Kemenhub dikutip dari Setkab.go.id, Jakarta, Senin (27/1/2020).

Pihaknya juga memastikan saat ini pemerintah Indonesia bertanggung jawab penuh untuk mengantisipasi masuknya virus corona ke Indonesia. Ditambahkan Menkes bahkan pemerintah China sendiri bertangung jawab untuk memastikan orang yang keluar dan masuk ke negaranya dalam kondisi sehat.

Sementara itu, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, bahwa hingga sampai saat ini belum ada pelarangan penerbangan dari dan ke Kota di China, selain kota Wuhan, ibu kota provinsi Hubei, China.

“Jadi yang kami tutup adalah penerbangan yang dari Wuhan saja, sementara dari kota di China lainnya belum ada pelarangan,” kata Budi Karya.

Alasan mengapa pihaknya belum menutup akses penerbangan ke China selain wilayah Wuhan adalah faktor peringatan bahaya dari organisasi kesehatan dunia World Health Organization (WHO).

“Pertimbangannya belum ada pernyataan kebahayaan dari WHO,” ujarnya.

Namun demikian, Menhub menjelaskan ada prosedur-prosedur tertentu yang diterapkan kepada penumpang dan awak pesawat dari penerbangan internasional, termasuk dari negeri China yang datang ke Indonesia.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Pos terkait