Nining Elitos Sarankan Pemerintah Fokus Bangun Industrialisasi Rakyat

Nining Elitos
Ketua Umum KASBI, Nining Elitos. [foto : Inisiatifnews.com]

Inisiatifnews.com – Ketua Umum Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI), Nining Elitos menyarankan agar pemerintahan Joko Widodo dan KH Maruf Amin fokus bagaimana membangun dan memberdayakan sektor industrialisasi rakyat dibanding fokus menerbitkan omnibus law.

“Pemerintah harus bangun industrialisasi rakyat dari hulu dan hilir bukan hanya menggantungkan pada para pemodal semata,” kata Nining kepada wartawan di LBH Jakarta, Jakarta Pusat, Kamis (30/1/2020).

Bacaan Lainnya

Bagi Nining, pertumbuhan ekonomi hanya bisa dicapai ketika pendapatan dan kesejahteraan rakyat terjamin.

“Tidak mungkin ada pertumbuhan ekonomi kalau daya pendapatannya rendah,” ujarnya.

Bagi Nining, jika merujuk pada statemen-statemen beberapa menteri yang merepresentasi sikap penguasa saat ini, RUU Cipta Lapangan Kerja atau omnibus law ini lebih bagaimana prespektif pemerintah hanya membuka lapangan kerja saja, sementara aspek perlindungan hak buruh dan kesejahteraan cenderung diabaikan.

“Konsepnya rakyat bagaimana sekedar bekerja tanpa dipandang dari aspek kesejahteraan itu jadi persoalan. Maka kami buruh menolak konsepsi ini,” ujarnya.

Nining menganggap jika orientasinya hanya menciptakan pekerja saja tanpa mempertimbangkan kesejahteraan dan keselamatan, maka tidak ada bedanya dengan pengelolaan masyarakat era kolonialisme.

“Kalau rakyat sekedar bekerja apa bedanya dengan jaman kolonial. Yang akan jadi korban RUU Cilaka bukan hanya buruh yang sudah bekerja tapi para angkatan muda yang siap bekerja,” imbuhnya. [NOE]

Pos terkait