Terawan
Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto.

Inisiatifnews.com – Health Organization (WHO) memuji Indonesia dalam melakukan observasi dan karantina 238 Warga Negara Indonesia (WNI) usai dipulangkan dari Provinsi Hubei, China.

Sebanyak 238 WNI diobservasi dan karantina di Lanud Raden Sadjad, Natuna, Kepulauan Riau sejak dua pekan terakhir setelah dievakuasi dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyebut, seluruh proses pemulangan hingga berakhirnya masa observasi disaksikan dan dipantau langsung oleh Dr. Paranietharan dari WHO.

“Tadi saya disertai perwakilan dari WHO. Jadi teman WHO ada bersama-sama dengan saya satu pesawat juga, menjemput dan mengantar sampai Halim,” kata Terawan di Ruang Tunggu VIP Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (15/2/2020).

Kata Terawan, perwakilan WHO ini memuji sekaligus mengapresiasi keterbukaan pemerintah Indonesia memastikan warga negaranya terbebas dari virus corona alias covid-19.

“Perwakilan WHO melihat langsung betapa Pemerintah Indonesia sangat terbuka dalam informasi, tidak ada yang disembunyikan. Juya ikut terharu melihat bagaimana saudara kita berhasil menjalani masa observasi dengan baik dan tetap sehat,” ungkap Purnawirawan jenderal TNI ini.

Menkes menambahkan, 238 WNI yang dikembalikan kepada keluarga dilengkapi dengan sertifikat hasil proses observasi dan karantina selama 14 hari di Natuna.

“Mereka tinggal di terminal selatan atau terminal haji dan diserahkan kepada pemprov masing-masing dan dibawa pulang,” ungkap Terawan. (FMM)

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia