Cegah Penyebaran Covid-19, Mahfud Ingin Tokoh Agama Aktif Serukan Ibadah di Rumah

IMG 20200317 161441

Inisiatifnews.com – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD meminta agamawan aktif menyerukan ibadah di rumah masing-masing untuk sementara waktu.

Ini dilakukan dalam rangka social distancing sebagai upaya antisipasi penyebaran virus corona (Covid-19).

Bacaan Lainnya

“Perlu diserukan juga dalam rangka ini, kegiatan kumpulan keagamaan, seperti peribadatan, pengajian di luar rumah agar dibatasi dan dikurangi,” kata Mahfud menyampaikan pernyataan tersebut melalui video pressconference yang dibagikannya, Selasa (17/3/2020).

Eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini berharap, tokoh-tokoh agama, ormas, majelis keagamaan, hingga takmir masjid aktif dan terus memberikan pengertian kepada warga masyarakat dan jamaah untuk beribadah di rumah masing-masing dulu.

“Supaya lebih efektif, yang menyuarakan adalah tokoh agama. Di negara-negara Timur Tengah, termasuk Masjidil Haram, Kuwait, Qatar, dan sebagainya, seruan seperti ini sudah dilakukan,” tandas Menteri Pertahanan era Presiden Gus Dur ini.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat menjaga keselamatan dengan bersama-sama bahu membahu, gotong royong keluar dari krisis pandemi Covid-19 ini.

“Hindari kerumunan, kalau tidak terlalu penting, jangan berdekatan dengan orang lain, sehingga kita semuanya bisa meminimalisir penyebaran COVID-19,” saran Mahfud. 

Selain itu, melalui akun twitter @mohamahfudmd, ia juga mengapresiasi Fatwa MUI yang berisi pembatasan kegiatan di masjid dan salah satunya mengharamkan penderita coroa salat Jum’at. Dia berharap, seluruh umat Islam menjalankannya.

“Resminya dengan Fatwa Nomor 14 Tahun 2020 bertanggal 16 Maret 2020, MUI mengeluarkan fatwa dengan hujjah lengkap: dalam situasi seperti ini salat tak harus di mesjid bahkan menyebut Pengidap Corona Haram Ikut Sholat Jumat,” kicau Mahfud menyertakan link berita Inisiatifnews.com.

[FMM]

Pos terkait