Imbauan Presiden kepada Seluruh Gubernur: Perhatikan Rakyat Kecil yang Tidak Bisa Kerja

  • Whatsapp

Inisiatifnew.com. Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan terkait penanganan pandemi Covid-19 kepada seluruh gubernur di Indonesia.

Presiden Jokowi meminta gubernur dan kepala daerah memperhatikan dampak kebijakan apapun yang dikeluarkan daerah terkait corona.

Bacaan Lainnya

“Kalau ingin lakukan kebijakan, setelahnya tolong betul-betul disiapkan,” kata Presiden Jokowi dalam ratas dengan gubernur disiarkan live di YouTube Sekretariat Negara, Selasa (24/3/2020).

Presiden meminta gubernur fokus kepada para pedagang kecil yang tidak bisa bekerja karena berbagai kebijakan penanganan Covid-19.

Kepala daerah harus memberikan bantuan ke pedagang kecil yang terkena dampak.

“Dihitung berapa orang, pedagang asongan, becak, sopir yang tidak bisa bekerja. Sehingga dalam APBD, dukungan kepada sektor itu yang harus diberikan. Bantuan-bantuan sosial kepada mereka harus disiapkan, jangan kita hanya menutup tapi tidak dibarengi kebijakan bantuan-bantuan,” imbau Presiden.

Presiden juga meminta kepala daerah fokus kepada, keselamatan, bantuan sosial, dan juga kesiapan menyediakan stok pangan.

“Intinya kita ingin tiga hal fokus kita. Pertama keselamatan adalah utama, kedua social safety net-nya, bantuan sosialnya tolong disiapkan. Ketiga dampak ekonomi dihitung betul sehingga kesiapan kita dalam menyediakan stok pangan betul-betul ada,” tandas Jokowi. (FMM)

Pos terkait