Menteri Nadiem: UN Ditiadakan, Tak Boleh Ada Ujian Tatap Muka di Kelas

  • Whatsapp
nadiem
Nadiem Anwar Makarim.

Inisiatifnews.com. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menegaskan, sebagai pengganti Ujian Nasional (UN) 2020 yang ditiadakan, sekolah dapat mengambil berbagai opsi.

Hanya saja, apapun saja opsinya, yang tidak boleh dilakukan adalah ujian tatap muka dalam ruang kelas.

Bacaan Lainnya

“Tidak diperkenankan melakukan tes tatap muka yang mengumpulkan siswa dalam ruangan kelas. Ini tidak boleh. Jadi ujian sekolah bisa diadministrasi, ada berbagai macam opsi,” ucap Nadiem melalui siaran konferensi video, Selasa (24/3/2020).

Kata Nadiem, sekolah dapat melakukan ujian sekolah misalnya melalui online. Ataupun dengan akumulasi penilaia angka dari lima semester terakhir.

“Itu opsi yang bisa ditentukan masing-masing sekolah,” ujar Nadiem.

Eks Bos Gojek ini menambahkan, pelaksanaan ujian sekolah tidak dapat mengukur tuntasnya seluruh kurikulum. Karena, kebijakan belajar dari rumah akibat pandemi corona Covid-19, proses belajar secara online disadari belum optimal. Artinya, bisa jadi, ada sejumlah materi yang belum disampaika kepada seluruh siswa dan belum bisa diujikan.

Sebelumnya, Nadiem menyatakan, UN 2020 dibatalkan lantaran pemerintah mementingkan kesehatan dan keamanan para siswa serta keluarga mereka di tengah wabah Covid-19.

“Kami telah memutuskan untuk membatalkan Ujian Nasional di tahun 2020 ini. Alasan nomor satu adalah prinsip dasar dari Kemendikbud, yang terpenting itu adalah keamanan dan kesehatan daripada siswa kita. Dan tentunya juga keamanan keluarga mereka,” kata Nadiem. (FMB)

Pos terkait