Menteri Nadiem: UN Batal, Anggarannya untuk Penanganan Covid-19

  • Whatsapp
Nadiem Makarim
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim.

Inisiatifnews.com. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyebut, anggaran ujian nasional yang tidak jadi dilakukan tahun ini akan dialokasikan untuk menangani penyebaran virus corona Covid-19.

“Jadi, dana UN tentu masih ada sisa yang tidak digunakan, bisa digunakan untuk membantu bencana Covid-19 dan memfasilitasi online learning atau pembelajaran daring,” kata Nadiem melalui siaran konferensi video, Selasa (24/3/2020).

Bacaan Lainnya

Sementara itu, Kepala Badan Penilitian dan Pengembangan Kemendikbud Totok Suprayitno memaparkan, pihaknya tengah menghitung total anggaran pelaksanaan UN yang bisa dialokasikan. Saat ini, dananya masih di provinsi.

“Kami segera mengidentifikiasi anggaran mana yang sudah dipakai dan yang belum. Dana yang di provinsi nilainya sekitar Rp 70 miliar. Itu nanti akan kami identifikasi,” ungkap Totok.

Sejak tahun lalu, kata Totok, banyak anggaran UN menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk membiayai pengawas di sekolah.

Dengan tidak adanya UN, maka anggaran BOS yang sebelumnya akan digunakan membiayai pengawas bisa digunakan untuk membiayai sekolah untuk mencegah penyebaran virus corona Covid-19.

“Sebagian lagi dari dana itu, tentu juga akan disimpan untuk persiapan program assesment yang akan dilakukan tahun depan,” pungkas Totok. (FMB)

Pos terkait