Kemenag Realokasi Anggaran Rp 300 Miliar Bantu Tangani Covid-19

  • Whatsapp
2019 10 25
Wakil Menteri Agama, KH Zainut Tauhid Sa'adi. [source image : Katadata]

Inisiatifnews.com – Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Saadi menyampaikan bahwa pihaknya telah menganggarkan uang sebesar Rp 300 miliar.

“Kementerian Agama juga menindaklanjuti amanat Presiden RI agar setiap kementerian dan lembaga melakukan revisi anggarannya untuk dialokasikan penanggulangan pandemi Corona,” kata Zainut Tauhid, Minggu (29/3/2020).

Bacaan Lainnya

“Lebih dari Rp 300 miliar anggaran telah direlokasi untuk membantu penganan wabah virus Corona,” imbuhnya.

Duit itu merupakan anggaran realokasi dari berbagai kegiatan yang telah dijadwalkan dan dianggarkan di Kementerian Agama RI.

“Anggaran itu dihimpun dari sejumlah pos perjalanan dinas di luar dan dalam negeri serta kegiatan reguler,” jelasnya.

Selain penganggaran, Zainut Tauhid juga menyebut bahwa 16 asrama haji yang dikelola oleh Kementerian Agama juga siap jika harus dijadikan sebagai Rumah Sakit Darurat Covid-19.

“Untuk hal itu kami meminjamkan gedung utama Asrama Haji Pondok Gede sebagai fasilitas perawatan pasien dalam pemantauan (PDP),” imbuhnya.

Di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur itu disiapkan 70 kamar yang difungsikan sebagai lokasi karantina pasien.

“Untuk sementara fasilitas yang digunakan 70 kamar guna keperluan mengkarantina orang yang berstatus PDP, dirawat sambil menunggu kepastian akan hasil tes COVID-19 mereka dan ketika sudah dinyatakan positif akan dikirim ke rumah sakit rujukan,” jelasnya.

Untuk memberikan kontribusi yang aktif dan positif, ia pun mengatakan bahwa pihaknya terus menjalin komunikasi dengan seluruh kantor wilayah di seluruh Indonesia untuk siap memberikan bantuan jika wabah Covid-19 semakin merajalela di daerah.

“Kami juga terus melakukan koordinasi dengan seluruh Kanwil untuk mendapat masukan dari mereka tentang kawasan yang sangat membutuhkan bantuan penanganan wabah COVID-19 ini,” pungkasnya.

Perlu diketahui, bahwa sejauh ini Kemenag memiliki asrama haji yang tersebar di 16 wilayah di seluruh Indonesia. [NOE/FMM]

Pos terkait