Politisi PDIP Ini Lebih Sepakat Jokowi Terapkan Karantina Wilayah Dibanding PSBB

  • Whatsapp
IMG 20200409 180026

Inisiatifnews.com Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Charles Honoris menyampaikan bahwa dirinya lebih sepakat ketika Presiden Joko Widodo mengambil opsi karantina wilayah dibandingkan dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Secara pribadi saya lebih sepakat dijalankan karantina wilayah,” kata Charles dalam diskusi webinar dengan Imparsial, Kamis (9/4/2020).

Bacaan Lainnya

Jika pemberlakuan karantina wilayah, maka pemerintah lebih bisa terukur dalam mengambil kebijakan untuk pencegahan penyebaran virus corona.

Dan ketika dilakukan karantina wilayah, pemerintah berkewajiban memberikan jaminan umum seperti bantuan pangan dan dispensasi lainnya, dan rakyat yang terdampak karantina wilayah bisa ditekan semaksimal mungkin pergerakannya karena kebutuhan pangan mereka terpenuhi, agar tidak tertular apalagi menularkan Covid-19.

“Pemerintah bisa pastikan ada kewajiban bagi masyarakat yang terdampak karantina wilayah bisa dibantu penghidupan layak tiap harinya, akan lebih terjamin mereka dibanding saat ini,” ujarnya.

Sementara PSBB sendiri, pemerintah tidak memiliki kewajiban secara tertulis untuk memenuhi kebutuhan pangan rakyat, hanya sebatas fokus pada pemutusan rantai penyebaran saja.

“Masyarakat akan merasa sangat keberatan dengan penetapan PSBB,” imbuhnya.

Selain itu, ditambah kondisi pemerintah pun tidak memiliki data pasti tentang kasus penyebaran virus itu. Maka karantina wilayah adalah opsi yang paling masuk akal untuk mengatasi penyebaran Covid-19.

“Justru karena pemerintah tidak punya data pasti, maka harusnya pemerintah terapkan karantina wilayah,” tuturnya. [NOE]

Pos terkait