Warga Heboh Suara Dentuman, Terkait Erupsi Anak Krakatau?

  • Whatsapp
IMG 20200411 113913
Penampakan erupsi gunung berapi anak krakatau.

Inisiatifnews.com Warga Jabodetabek dikagetkan dengan dentuman yang terdengar sekitar pukul 02.00 WIB dini hari hingga jelang pagi, Sabtu (11/4). Bahkan, di lini masa media sosial Twitter, suara dentuman misterius ini heboh dan menjadi trending topic sejak pagi tadi.

Apakah suara dentuman ada kaitannya dengan Gunung Anak Krakatau yang erupsi sejak Jumat (10/04/2020) dari pukul 22.35 WIB?.

Bacaan Lainnya

“Kalau terkait dengan letusan Gunung Anak Krakatau tadi malam, sejak awal letusa  dilaporkan dari pos pengamatan di Pasauran, Banten, tidak terdengar dentuman,” kata Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM, Rudy Suhendar lewat siaran persnya di laman Facebook, Sabtu (11/4/2020).

Dengan demikian, pihaknya belum bisa menkorelasikan antara erupsi Gunung Anak Krakatau dengan dentuman yang terjadi

“Kami sedang mengecek aktivitas gunung api di sekitar Jakarta pada jam yang terjadi dentuman,” lanjut Rudy.

Jika suara dentuman itu berasal dari gunung api, kata Rudy, hal tersebut akan terlihat dari aktivitas kegempaan gunung tersebut. Namun, setelah dicek, tidak ada peningkatan aktivitas yang signifikan.

“Kalau dari gunung api bisa dilihat dari aktivitas kegempaannya. Tapi yang ini tidak menunjukkan peningkatan-peningkatan yang sangat signifikan,” ujarnya.

Mengenai erupsi Gunung Anak Krakatau, lanjut Rudy, erupsi tepatnya terjadi pada Jumat 10 April pukul 22:35 WIB. Erupsi hingga kini masih berlangsung. 

“Tipe letusan yang terjadi, adalah strombolian. Tinggi kolom pada awal letusan 500 meter. Sekarang sudah berkurang,” sebutnya. (FMM)

Pos terkait